Pemburu Kedua Individu Orangutan Bunuh Induknya

Pemburu Kedua Individu Orangutan Bunuh Induknya

BERBAGI
Foto : David Muhammad/Kasi Wilayah III Balai Gakkum KLHK Kalimantan/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Satwa dilindungi yakni Dua Individu Orangutan berhasil diselamatkan oleh Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Bekantan Balai Gakkum LKHK Kalimantan dari para pelaku penjual Orangutan, di jalan Komyos Sudarso, Gang Timun, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Pontianak Barat, pada Senin (21/8).

Kepala Seksi Wilayah Tiga Balai Gakkum KLHK Kalimantan, David Muhammad, mengatakan, para pemburu kedua individu Orangutan dengan cara membunuh induknya.

“Kalau dari umur yang 9 bulan dan 1 tahun ini, kemungkinan besar pemburu yang di lapangan mendapatkannya dengan cara membunuh induknya, karena umur segini pasti menempel kepada induknya. Miris sekali dimana kita sedang ada hari Orangutan nasional,” katanya.

David menuturkan, berdasarkan pengakuan pelaku, baru dua ekor, pihak SPORC Kalbar masih terus melakukan penyelidikan lebih mendalam, kemungkinan ada penampungan atau pembeli yang mempunyai jaringan terhadap satwa yang dilindungi ini.

“Daerah penjualannya masih kita lacak, ada kemungkinan pembeli dari Orangutan ini dikirim juga ke Pulau Jawa dan ada kemungkinan besar juga sampai keluar, karena memang yang dicari adalah anaknya,” tuturnya.

“Pembelinya lagi kita lacak, karena belum melakukan transaksi langsung, karena pas kita tangkap langsung di rumah. Pembeli dan penjualan ancaman hukumannya sama. Untuk pemburu kita juga lagi lakukan pelacakan,” lanjutnya.

David Muhammad berharap agar para pelaku segera menghentikan aksinya.

“Saya harapkan dengan kejadian ini, para pelaku penjual satwa liar yang dilindungi Undang-undang, baik itu secara online atau pun terbuka, agar segera menghentikan karena kami tidak akan tinggal diam, tetap melakukan pemburuan dan pelacakan baik itu melalui medsos dan lainnya. Saya harap kan segera menghentikan, jangan sampai nanti kita kita temukan digrebek dan kenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” harapnya.

(Sukardi/Muh)

Foto : Orangutan yang berhasil diamankan/Sukardi

TIDAK ADA KOMENTAR