Siap-siap, Verifikasi Partai Peserta Pemilu 2019 Mulai Oktober

Siap-siap, Verifikasi Partai Peserta Pemilu 2019 Mulai Oktober

BERBAGI
Foto: Ilustrasi KPU/Suara.com

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – KPU akan melakukan verifikasi partai politik peserta pemilu 2019 pada Oktober 2017, demikian dikatakan ‎komisioner Komisi Pemilihan Umum Evi Novida Ginting ‎sebelum rapat konsultasi dengan Komisi II DPR, Selasa (22/8).‎

“Verifikasi ini kita mulai di bulan Oktober (2017). Dengan pengumuman, pendaftaran. Jadi di awal Oktober kita sudah mulai tahapan tersebut,” kata Evi.

Eva menambahkan rapat konsultasi merupakan bagian dari proses koordinasi KPU dengan DPR selaku pembuat undang-undang.

“Kita akan fokus hari ini dengan PKPU,” ujarnya.

Dia berharap pembahasan PKPU ini bisa diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan. Sehingga, waktu untuk sosialisasi PKPU ini bisa dimaksimalkan.‎

“Kalau PKPU-nya sudah disahkan kita bisa sosialisasi dengan partai-partai peserta pemilu yang ada,” ujarnya.

‎Wakil Ketua Komisi II DPR Riza Patria mengatakan rapat konsultasi ini akan digelar beberapa hari ke depan. Dia berharap PKPU segera selesai sehingga KPU dan Bawaslu bisa melaksanakan tahapan pemilu 2019 yang sudah dijadwalkan.

“Jadi semua akan kita rampungkan dalam beberapa hari ke dpn. Sehingga peraturan KPU bisa selesai dengan baik dan bisa jadi pegangan bagi kita semua untuk pemilu 2019,” kata Riza.

Politikus Gerindra ini menambahkan ada 20 item penting yang menjadi isu dalam PKPU ini. Di antaranya adalah soal kampanye, sampai sosialisasi dan pelatihan saksi.

“Tapi kita yakini KPU tidak akan menghadapi masalah dan bisa dituangkan dalam Peraturan KPU secara baik dan bisa dipahami oleh peserta pemilu,” ujar dia.

(Suara.com/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR