LP3M dan 34 Dosen Untan Susun Kurikulum Baru

LP3M dan 34 Dosen Untan Susun Kurikulum Baru

BERBAGI
Foto : Suasana pembukaan TOT penyusunan KPT Untan oleh Rektor/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 34 Dosen dari seluruh Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Tanjungpura (Untan) mengikuti pelatihan pelatih (TOT) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Untan, pada Kamis (24/8).

TOT ini diadakan dengan tujuan untuk melakukan penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang berlandaskan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dengan dibuka langsung oleh Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA.

Rektor mengatakan, pelatihan ini juga merupakan evaluasi dari Untan terhadap kritikan Presiden Indonesia, Joko Widodo, yang menginginkan Untan memiliki kurikulum yang lebih fleksibel. Hal ini merupakan bentuk keresahan Jokowi yang melihat para lulusan Untan terkesan lamban menyesuaikan skillnya dengan kebutuhan masyarakat.

“Disesuaikan tidak berarti merombak, tetapi ada hal yang ditambahkan kedalam kurikulum tersebut,” kata Rektor.

Sebaiknya, lanjut Rektor, kurikulum yang diterapkan ini memang harus dievaluasi dalam beberapa kurun waktu tertentu.

“Bisa saja jadi per tahun, karena tahun ajaran kita kan ganti setiap satu tahun. Yang penting harus ada evaluasi yang berkelanjutan supaya kurikulum kita juga dapat menangkap model perkembangan global,” lanjutnya.

Rektor berharap, pelatihan ini dapat menghasilkan kurikulum yang tidak hanya bagus namun juga dapat bersifat adaptif. Ia mencontohkan keinginannya pada model kurikulum yang akan disusun ini dengan produk kendaraan.

Setiap produk kendaraan pasti memiliki spesifikasi tertentu yang menyesuaikan dengan kebutuhan orang banyak, semisal irit bahan bakar, bisa melewati medan jalan raya atau pun off road, daya tampung yang disesuaikan dengan keinginan pemilik apakah untuk 2 orang, 4 orang, atau lebih, serta kecepatan mesinnya.

“Bagi disiplin ilmu sendiri, itu semua dapurnya ada di kurikulum,” pungkasnya.

(Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR