Thamrin Usman Inginkan Prodi Yang Tepat Untuk Untan

Thamrin Usman Inginkan Prodi Yang Tepat Untuk Untan

BERBAGI
Rektor Untan saat memberikan kata sambutan pada pelatihan penyusunan kurikulum KKNI/ Imam
Foto: Rektor Untan saat memberikan kata sambutan pada pelatihan penyusunan kurikulum KKNI/ Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr H Thamrin Usman DEA menginginkan kurikulum yang tepat agar bisa menyesuaikan dengan keinginan pasar kerja dan mudah diserap.

Hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan Pelatihan pelatih atau training of traineer (ToT) yang digelar Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Untan (LP3M), Kamis (24/8).

Thamrin Usman mengatakan pertemuan ini dilaksanakan untuk membicarakan tentang kurikulum di Untan, terutama penyiapan kurikulum yang tepat bagi peserta didik agar sehingga mendorong dan meningkatkan daya saing di pasar kerja.

“Kurikulum ini kan bagian yang sangat vital dalam menyiapkan lulusan, lulusan yang diidamkan sesuai dengan profil yang dibuat tentu saja sangat tergantung pada ketepatan dalam menyusun kurikulum tersebut” katanya.

Selain itu Tambah Rektor Untan ini, kurikulum yang tepat juga menjadi penentu luaran atau lulusan yang handal yang dapat beradaptasi dan mampu bersaing dan terserap oleh pasar kerja dan hal tersebut sesuai dengan kondisi serta regulasi yang sudah ada sebelumnya.

“Kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan yang terkait dengan hal tersebut perlu menjadi perhatian agar daya saing lulusan bisa didorong dan menyesuaikan dengan kebutuhannya, sehingga mudah diserap pasar kerja”.

Untuk itu katanya saat ini perlu dilakukan evaluasi terhadap kurikulum yang ada sehingga bisa mencapai apa yang diinginkan bersama baik yang sudah berjalan maupun yang akan dating termasuk profil lulusan yang nanti akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kondisi kekinian.

“Kita lakukan evaluasi, dan idealnya evaluasi itu setiap tahun, tapi bukan merombak namun ada bagian yang kita tambahkan dalam kurikulum tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan” katanya mengakhiri.

(Imam/Syafarudin Ariansyah)

TIDAK ADA KOMENTAR