Jembatan Kapit Semakin Memprihatinkan, Warga Berharap Ada Perbaikan

Jembatan Kapit Semakin Memprihatinkan, Warga Berharap Ada Perbaikan

BERBAGI
Foto : Kondisi Jembatan Kapit dilewati warga/Yahya

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Kondisi jembatan Kapit yang berada di Kampung Sungai Bara’, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, kian memprihatinkan. Pasalnya, jembatan tersebut kondisinya saat ini semakin turun dan tidak lagi rata. Kondisi tersebut, bila dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan bisa ambruk.

Salah seorang warga, Abang Rudi H, mengatakan, kondisi jembatan tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan. Ia mengatakan, jembatan Kapit itu dibangun sejak tahun 2010 lalu. Sehingga, kata dia, lantai jembatan itu tidak lagi rata selama dua tahun terakhir.

“Setahu saya sudah dua tahun jembatan itu kondisinya sudah tidak rata lagi dengan permukaan jalan dan semakin turun ke bawah,” ujarnya, Sabtu (26/8).

Dikatakannya, hal itu juga dipengaruhi banyaknya kendaraan, bahkan truk yang membawa muatan baik itu pasir, batu hingga semen dan lain sebagainya. Hal itu, kata dia, yang juga mempengaruhi jembatan Kapit tersebut tidak lagi rata dengan badan jalan.

“Bisa juga menyebabnya karena kondisi tanahnya berlumpur sehingga kayu penahan jembatan semakin turun tak mampu menahan muatan,” ucapnya.

Menurutnya, tiang jembatan tidak sampai ke dasar tanah yang keras. Untuk itu, ia berharap kondisi tersebut mendapat perhatian dari pemerintah.

“Mudah-mudahan jembatan ini bisa diperbaiki, sebab jika terus dibiarkan jembatan Kapit itu dikhawatirkan akan roboh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau, M Ramsyah, mengatakan, mengenai kondisi tersebut pihaknya akan meninjau ke lapangan. Hal ini, untuk melihat secara langsung kondisi jembatan tersebut.

“Jembatan saat ini memang sudah rapuh dan rawan untuk kendaraan roda empat atau melewatinya dikhawatirkan bisa roboh,” kata dia.

Ia mengatakan, jembatan tersebut tidak bisa direhab, namun harus dibangun baru. Dikatakannya, untuk tahun ini memang belum ada pembangunan jembatan Kapit tersebut.

“Nanti akan direncanakan dan kami upayakan masuk program 2018,” pungkasnya.

(Yahya/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR