Cuaca Panas, Jemaah Haji Asal Landak Tetap Sehat

Cuaca Panas, Jemaah Haji Asal Landak Tetap Sehat

BERBAGI
Foto: TPHD Kalbar, Bakhtiar (tengah) bersama jemaah haji lainnya asal Landak/Istimewa

Landak, thetanjungpuratimes.com – Sejak diberangkatkan ke Madinah untuk melaksanakan ibadah haji pada 9 Agustus lalu, kondisi terkini 52 jamaah haji asal Kabupaten Landak semuanya dalam keadaan sehat wal afiat. Hal tersebut dikatakan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kalbar yang juga jemaah haji asal Landak, Bakhtiar siang ini langsung dari tanah suci.

“Alhamdulillah, saat ini kondisi semua jemaah haji asal Landak dalam keadaan sehat semua. Ini tentu merupakan doa dari seluruh masyarakat Kalbar, terlebih khusus masyarakat Landak, ” ujar Bakhtiar, Minggu (27/8).

Diterangkannya, para jemaah sudah melaksanakan Arbain atau sholat 40 waktu di Masjid Nabawi Madinah.

“Pada tanggal 11 September kami berangkat ke Mekkah untuk melaksanakan Tawaf Umroh, Sai dan Tahalul. Untuk sekarang ini, para jemaah sedang melakukan persiapan ke Arafah pada Rabu (30/8) atau 8 Djulhijjah. Jemaah akan melaksanakan Mabit di Mina. Sedangkan Wukup atau puncak haji di Arafah dilakukan pada 10 Djulhijjah,” jelasnya.

Ditambahkannya, selama menunggu keberangkatan ke Mina, jemaah haji diistirahatkan untuk persiapan stamina. Ini dikarenakan kondisi cuaca yang cukup panas.

“Akibatnya, aktifitas angkutan bis ke Masjidil Haram untuk sementara waktu diberhentikan sementara sambil menunggu selesai Wukup di Arafah,” kata PNS di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Landak ini.

Ditanya soal suhu cuaca di Madinah, ia mengatakan untuk kemarin atau waktu Madinah suhu cuaca mencapai 46 derajat celsius. Sedangkan di Mekkah mencapai 42 derajat celsius. Kemungkinan waktu dilaksanakan Wukup di Arafah suhu cuaca bisa mencapai 48 sampai 50 derajat celsius. Para jemaahpun diminta supaya banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Diakui Bakhtiar, selama sembilan hari di Madinah, hujan sempat turun, sehingga membuat suhu cuaca yang tadinya panas sedikit menurun.

“Mudah-mudahan jemaah kita mampu melaksanakan ibadah hajinya dengan lancar. Oleh karena itu kami tetap memohon doanya dari saudara kita di tanah air,” harapnya.

Dijadwalkan jemaah haji Landak beserta rombongan yang tergabung dalam Kloter 11 akan tiba di tanah air melalui Embarkasi Batam pada 18 September mendatang. Para jemaah haji akan menginap semalam di asrama haji Batam. Keesokan harinya diterbangkan ke Pontianak. Sesuai dengan jadwal, tiba di Pontianak, para jamaah haji Landak langsung pulang ke Landak.

(NY/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR