Pastikan Hewan Kurban Sehat, DPPKP Landak Turun Lapangan

Pastikan Hewan Kurban Sehat, DPPKP Landak Turun Lapangan

BERBAGI
Foto : Suasana pemotongan hewan kurban/Faisal

Landak, thetanjungpuratimes.com – Hari Raya Idul Adha 1438 H sudah diambang pintu. Dijadwalkan hari raya kurban akan berlangsung Jumat (1/9) mendatang. Hari raya umat Islam ini pun tentu tidak terlepas dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban berupa sapi atau kambing. Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Landak akan melaksanakan sosialisasi penerapan kesehatan hewan kurban yang dilaksanakan besok di Darit Kecamatan Menyuke. Mereka akan mengundang pengurus Masjid dan Surau.

Kabid Peternakan DPPKP Landak, Drh Intan Aryani menjelaskan, pada sosialisasi itu nantinya akan diterangkan tata cara penyembelihan hewan kurban.

“Kadang-kadangkan kebanyakan masyarakat ingin menyembelihan hewan kurban secara sendiri. Kadang-kadang juga tata cara penyembelihannya tidak sesuai,” ujar Intan, Senin (28/8).

Tidak hanya melakukan sosialisasi saja, DPPKP Landak juga akan turun ke lapangan untuk memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

“Tapi, tidak semua tempat yang bisa kita jangkau. Hal ini dikarenakan kurangnya tenaga kita di kantor. Kemungkinan hanya Masjid-masjid besar saja yang akan kita pantau,” katanya.

Ia menambahkan, saat turun ke lapangan, DPPKP Landak akan melakukan pemeriksaan awal terhadap hewan kurban yang akan disembelih.

“Pemeriksaan hewan kurban ini pun sebenarnya bisa dilakukan di tempat penjualan hewan kurban. Tapi untuk di Landak, tempat penjualan hewan kurban tidak terfokus pada satu tempat saja. Para penjualnya berpencar-pencar. Namun bagi masyarakat yang ingin berkurban bisa juga meminta bantuan petugas dari DPPKP Landak untuk dilakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih,” harap Intan.

Ia menjelaskan, DPPKP Landak tetap akan memastikan apakah hewan kurban itu layak disembelih atau tidak melalui pemeriksaan yang dilakukan.

“Kalau hewan kurban berupa kambing, kadang-kadang terkena penyakit kulit dan sakit dimatanya. Cacingan itu sudah pasti. Kondisi ini pun sama juga dengan hewan ternak sapi,” jelasnya.

Ia menyarankan, bagi umat muslim yang ingin berkurban setidak-tidaknya bisa memilih hewan kurban yang sehat dan bebas dari penyakit.

“Apalagi berkurban di hari raya Idul Adha ini merupakan ibadah. Masyarakat tentunya pasti akan mencari hewan kurban yang terbaik,” tutupnya.

Sementara itu di hari raya Idul Adha ini, Ketua Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Landak kembali akan menyembelih hewan kurban.

“Kita akan melakukan penyembelihan hewan kurban berupa tiga ekor sapi yang Insha Allah akan kita dilaksanakan pada hari Sabtu (2/9) mendatang. Sebab kalau kita sembelih di hari Jumat atau bertepatan dengan hari raya Idul Adha tentu waktunya singkat, ” ujar Ketua IKSB Landak, Zainan Darsah.

Menurutnya, setiap hari raya Idul Adha, IKSB Landak melakukan penyembelihan hewan kurban berupa sapi.

“Sapi yang kita sembelih itu diperoleh dari uang tabungan para anggota IKSB Landak. Kita sudah melaksanakan penyembelihan hewan kurban ini selama lima tahun berturut-turut. Tahun ini merupakan tahun yang keenam. Setiap tahun kita pun menyembelih hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi,” jelas mantan Ketua PHBI Landak ini.

(NY/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR