IMS Tuntut Pengelola SPAM Seponti Tingkatkan Jangkauan Distribusi Air Bersih

IMS Tuntut Pengelola SPAM Seponti Tingkatkan Jangkauan Distribusi Air Bersih

BERBAGI
Foto : Kondisi SPAM di kecamatan Seponti, Kayong Utara/Ist

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Ikatan Mahasiswa Seponti (IMS) melalui Ketua Bidang Hubungan Masyarakat, Habib Fuadzil, menuturkan, bahwa tolok ukur kemajuan suatu daerah di tunjang oleh banyak aspek, baik itu infrastruktur hingga kualitas sumber daya manusia, terlebih kecamatan Seponti yang merupakan daerah Ex Transmigrasi tahun 1983 di era Presiden Soeharto.

“Bicara infrastruktur serta sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat sebenarnya sudah cukup bagus, namun ketika bicara pengelolaan serta peningkatan kinerja saya menilai sangat jauh dari harapan,” ujar Habib.

Menurutnya, hal ini kemudian berdampak terhadap stagnannya pembangunan itu sendiri. Ia mencontohkan pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kecamatan Seponti Kabupaten Kayong utara, yang terletak di Tr 17 Desa Telaga Arum yang dibangun menggunakan anggaran tahun 2009.

Meski saat ini sudah berjalan hampir delapan tahun, namun tidak juga terlihat adanya peningkatan kapasitas debit air, sehingga berdampak pada minimnya distribusi air tersebut.

“Bisa dibayangkan dengan kapasitas 10 liter per detik sangat jauh dari harapan, wajar saja bila jangkauannya mencapai radius sekian kilo meter dan berakhir di Tr 11,” lanjutnya.

Disisi lain, rendahnya kesadaran untuk merawat serta membersihkan lingkungan di sekitar SPAM dinilai sangat memprihatinkan seolah dibiarkan rumput tumbuh subur hingga ke pagar yang membuat SPAM tersebut terlihat layaknya gudang di tengah hutan.

“Saya berharap kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk mengkaji hal itu serta menjadi bahan masukan untuk kedepan, pegawai juga harus memiliki kesadaran yang tinggi untuk memgelola dan menjaga SPAM tersebut,” imbuhnya.

Kemudian, salah satu pemuda Desa telagu arum, Ryan tri wahyudi (20), berharap kedepan pemerintah bersikap tegas kepada setiap pegawai khususnya pengelola SPAM untuk disiplin serta memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar SPAM tersebut. Ia juga meminta agar daya jangkauan air tersebut bisa tersalur hingga keseluruh masyarakat di daerah Seponti.

(R/Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR