Pembelian Kambing untuk Kurban Tahun Ini Menurun

Pembelian Kambing untuk Kurban Tahun Ini Menurun

BERBAGI

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pedagang kambing mengakui jika pembelian kambing untuk kurban pada tahun ini mengalami penurunan.

“Untuk tahun ini penjualan kambing mengalami penurunan,” kata Suhendri pedagang kambing, Kamis (31/8).

Dikatakannya, faktor menurunnya penjualan ini ialah dari kondisi cuaca di Kota Pontianak yang akhir-akhir ini sering turun hujan, kemudian konsumen yang lebih cenderung membeli sapi dibanding dengan kambing.

“Tahun ini kebanyakan konsumen itu menggunakan sistem arisan, di komplek, maupun di masjid dan para pengurus diarahkan ke sana,” katanya.

Sebagai pedagang Kambing, Suhendri merasa bingung, karena pendapatan dengan pengeluaran tidak sesuai. Ia juga merasa sedih karena penjualan yang menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Suhendri berharap pemerintah memperhatikan hal ini, selain itu juga diungkapkan olehnya bahwa harga jual minimal tidak sesuai dengan yang ditargetkan oleh pemerintah, hal tersebut dilakukan sebagai upaya mendapatkan konsumen.

“Harapan kepada pemerintah agar memperhatikan pedagang kambing, karena kambing ini kan sunah Rasul yang diajarkan untuk mengkonsumsi daging Kambing. Kambing ini tidak mahal, lebih gampang membawanya. Harga Kambing yang dijual paling minimal Rp2,2 juta,” ucapnya.

Ssebenarnya, kata Suhendri harga tersebut tidak sesuai dengan program pemerintah yaitu Rp2,5 juta. Kalau dijual dengan harga yang ditentukan pemerintah tersebut, para pembeli akan lari tidak mau membeli..

Penjual kambing lainnya, Siti Fatimah mengeluhkan menurunnya animo konsumen Kambing pada momen Idul Adha tahun ini.

Dikatakannya, faktor penyebab penurunan tersebut karena banyaknya penjual kambing, serta sulitnya lokasi untuk berjualan.

“Sudah dua hari berjualan, baru laku sepuluh ekor, sedangkan pada tahun sebelumnya dalam waktu sehari saja kambing yang laku terjual bisa belasan ekor,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR