Empat Warga Terjun Bebas dari Lantai Dua saat Api Hanguskan Tiga Ruko...

Empat Warga Terjun Bebas dari Lantai Dua saat Api Hanguskan Tiga Ruko di Sintang

BERBAGI
Foto: Kebakaran di Sintang yang menghanguskan tiga ruko, Jumat (1/9) pagi/Lingga

Sintang, thetanjungpuratimes.com – Setelah kebakaran menghanguskan 12 rumah toko di Sintang yang terjadi belum lama ini, kini kebakaran kembali terjadi dengan menghanguskan ruko di jalan YC. Oevang Oeray, Desa Baning Kota, kecamatam Sintang yang terjadi pada Jumat (1/9) pukul 01.30 WIB pagi.

Damayanti, salah satu penghuni ruko selamat dari kobaran api bersama dengan tiga orang temannya setelah terjun bebas dari lantai dua. Keempat korban mengalami luka-luka disekitar kaki.

“Saat kami bangun api sudah besar sehingga tidak bisa lagi turun kebawah, maka kami meloncat dari lantai dua ke bawah,” ungkap Damayanti seraya merintih menahan sakit akibat luka-luka yang dialami di sekitar kakinya.

Akibat dari peristiwa tersebut, tiga ruko hangus terbakar. Dalam peristwa tersebut tidak sampai menelan korban jika. namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Enam unit tim pemadam kebakaran yang diantaranya empat unit Damkar pemerintah Kabupaten Sintang, yang dibantu dua unit Busera Sintang saling bahu membahu melakukan pemadaman agar tidak merembes ke bangunan ruko lainnnya.

Pantauan media ini dilapangan, tim pemadam kebakaran dengan begitu cepat melakukan pemadaman. Tim pemadam kebakaran juga terbantu karena sumber air yang begitu dekat dengan lokasi kejadian, alhasil sekitar pukul 02.15 WIB api berhasil dijinakkan.

Heru, salah satu saksi mata mengatakan, kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Saat kebakaran terjadi listrik PLN belum mati.

“Api sudah besar tadi, namun listrik PLN belum mati, dan saya juga sempat mendengar ada suara teriakan minta tolong tapi tidak lama, suara tersebut hilang, mungkin yang minta tolong tesebut bisa langsung menyelamatkan diri,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa perkiraan awal api muncul dari ruko sebelah kanan, karena dirinya sempat melihat tadi ketiga rukonya sudah dilahab api, namun api yang paling besar itu dari ruko sebelah kanan,” pungkas Heru.

Sementara Sekretaris Sat Pol PP dan pemadam kebakaran Kabupaten Sintang, Murni menyampaikan bahwa dalam peristiwa kebakaran tersebut pihaknya menerjunkan empat unit pemadam kebakaran dengan kekuatan personil sebanyak 40 orang.

“Dalam pemadaman ini kita juga dibantu oleh tim pemadam kebakaran dari Busera Sintang sebanyak dua unit,” terangnya.

Ia mengatakan pihaknya tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pemadaman karena kondisi arus lalu lintas pada saat kejadian sepi, sehingga tim dengan leluasa bergerak.

“Kita juga bersyukur karena tim kita sangat terbantu dengan sumber air yang tidak jauh dari lokasi kejadian, sehingga kita tidak perlu lagi mencari air,” pungkas Murni.

(Lingga/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR