Rektor Untan Maknai Idul Adha sebagai Pelajaran Hidup Bagi Seluruh Manusia

Rektor Untan Maknai Idul Adha sebagai Pelajaran Hidup Bagi Seluruh Manusia

BERBAGI
Foto: Prof Dr H Thamrin Usman DEA, Rektor Untan saat mengikuti pelaksanaan shalat Idul Adha di halaman Masjid Al-Muhtadin Untan/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr H Thamrin Usman DEA memaknai hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat (1/9) sebagai pelajaran hidup yang tidak hanya diperuntukkan bagi umat Islam saja, tetapi juga bagi seluruh manusia.

Dengan berkurban, kata Rektor, maka akan muncul rasa empati dan solidaritas yang coba dibangun oleh seseorang kepada orang lain yang membutuhkan. Selain itu dengan berkurban juga dapat menumbuhkan rasa keimanan untuk bisa totalitas dalam menjalankan ibadah sesuai tuntunan para utusan Allah, dalam hal ini nabi Ibrahim AS dan keluarganya.

Perayaan hari raya Idul Adha tahun ini bagi Pimpinan Untan ini sendiri juga sedikit berbeda dikarenakan ia tidak bisa berkumpul bersama anak-anaknya yang masih menimba ilmu di tempatnya masing-masing.

“Yang pertama ada di perancis, anak saya yang kedua di bandung, kemudian yang bungsu masih di kanada. Di satu sisi selain rahmat, ada kerinduan untuk berkumpul bersama dengan mereka,” ujar Rektor usai mengikuti pelaksanaan shalat sunnah Idul Adha di halaman Masjid Al-Muhtadin Untan.

Rektor berharap perayaan Idul Adha di tahun-tahun berikutnya bisa dilalui dengan anggota keluarga yang berkumpul secara lengkap.

Namun dibalik itu semua, dirinya bersyukur karena hingga hari ini masih terus diberikan kelancaran rezeki sehingga bisa memberikan kurban seekor sapi.

“Kami selalu berdoa mudah-mudahan bisa terus melaksanakan kurban ini dan juga bisa lebih banyak lagi. Tetapi yang tidak kalah penting adalah semoga dengan hal ini makin tahun makin bertambah keimanan dan ketakwaan kita,” pungkasnya.

(Imam/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR