Polres Singkawang Amankan Pelaku Curas dan Pencurian Cat

Polres Singkawang Amankan Pelaku Curas dan Pencurian Cat

BERBAGI
Foto : Tsk VK pelaku curas/Mizar

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal Polres Singkawang berhasil mengamankan seorang tersangka pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) berinisial Vk, warga jalan Diponegoro Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat.

Penangkapan tersebut berdasarkan laporan salah satu korban, karena pada saat korban sehabis belanja di toko jalan Merdeka, Kelurahan Tengah, Kecamatan Singkawang Barat,  pada saat berhenti di depan Taman Burung tiba-tiba pelaku yang diduga satu orang menggunakan motor tanpa plat menarik dompet dari arah kiri korban lalu pelaku berhasil kabur.

Adapun barang-barang yang hilang satu buah dompet warna hitam berisikan uang tunai Rp. 255.000 dan satu unit HP serta surat-surat penting,” ujar Kapolres Singkawang, AKBP Sandi Alfadien, melalui Kasat Reskrim Polres Singkawang AKP Michael Terry Hendratra.

Setelah itu, lanjut Kasat, pihaknya melakukan penyidikan dan mencurigai salah seorang yang diketahui hendak menjual HP yang dicurigai merupakan hasil kejahatan.

Tersangka yang belum lama bebas dari Lapas Kota Singkawang ini diamankan di Gang Cisadane, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat. Saat itu pihak kepolisian melakukan penyamaran sebagai pembeli.

“Tersangka menawarkan HP dan melakukan transaksi di Gang Cisadane depan SGM. Anggota Polwan kita melakukan penyamaran dan melakukan transaksi. Setelah kita cek, terrnyata benar HP itu merupakan dari hasil kejahatanya lalu kita amankan,” ujar Kapolres Singkawang melalui Kasat Reskrim Polres Singkawang, AKP Michael Terry Hendratra.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari hasil keterangan, tersangka telah melakukan aksinya sebanyak 11 TKP, dengan sasaran oprasinya di lokasi yang sepi.

“Diantaranya jalan Pelita sebanyak 2 kali, jalan Yos Sudarso 2 kali, jalan Alianyang, jalan Gm Situt dengan berbagai hasil kejahatan. Dimana pelaku selalu mengintai korban di lokasi-lokasi yang di rasa aman untuk melakukan kejahatanya,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, pada keesokan harinya, Sat Reskrim Polres Singkawang juga memgamankan satu tersangka yang melakukan pencurian di jalan Diponegoro dengan tersangka berinisial DN, warga roban.

Pada hari Jumat (1/9) sekira jam 03.00 WIB anggota unit Buser yang dipimpin oleh Kasat Reskrim dalam rangka pengembagan perkara jambret saat melintas di jalan Diponogoro depan bangunan ruko kosong (samping gang Empat Lima) melihat seseorang yang mencurigakan  yang sedang membawa cat tembok sebanyak empat ember berukuran 20 Kg dan 3 kaleng kecil serta alat bor listrik.

“Dari situ lalu anggota menghampiri tersangka, ternyata benar barang-barang tersebut diambil di sebuah bangunan kosong dengan cara masuk dari arah samping bangunan dan menjebol pintu samping ruko, laku kita amankan,” ujarnya.

Dari tangan tersangka DN, pihaknya berhasil mengamankan empat buah ember cat tembok berat 20 Kg, tiga buah cat jenis kaleng kecil, satu unit bor listrik, satu buah tas ransel berisikan alat-alat yang digunakan untuk merusak pintu bangunan ruko.

“Guna mempertanggungjawabkan perbuatanya. Tersangka beserta barang bukti kita amankan di Mapolres Singkawang,” paparnya.

(Mizar/Muh)

Foto : Tsk DN pelaku pencurian cat/Mizar

 

TIDAK ADA KOMENTAR