Pemkab Kapuas Hulu Gelar Tes Guru Kontrak Tahap II

Pemkab Kapuas Hulu Gelar Tes Guru Kontrak Tahap II

BERBAGI
Foto: Perserta tes melakukan registrasi di BKPSDM Kapuas Hulu Senin (4/9)/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan melaksanakan seleksi penerimaan guru kontrak tahap dua pada Selasa (5/9). Seleksi tersebut kembali dilaksanakan untuk mengisi 70 formasi guru kontrak yang kosong di beberapa kecamatan. Sementara dari seleksi guru kontrak tahap pertama sudah menerima 534 orang untuk menjadi guru kontrak daerah tahun 2017.

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pemindahan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kapuas Hulu, Ni Made Sri Astuti, menuturkan, tes tenaga kontrak guru tahap pertama diikuti 1. 573 orang dan yang lulus sebanyak 534 orang.

“Mereka yang lulus sudah diumumkan minggu lalu terdiri dari 124 guru kontrak lama yang ikut serta dalam tes, sisanya 410 orang adalah tenaga kontrak guru yang baru,” paparnya, Senin (4/9).

Dari tes tahap pertama ini, kata Made, ada beberapa formasi guru kontrak di kecamatan-kecamatan yang kosong. Kekosong formasi guru tersebut sebanyak 70 formasi.

“Jadi kami laksanakan tes tahap dua untuk memenuhi formasi itu, dan tes tersebut hanya boleh diikuti oleh peserta yang tidak lulus pada tes tahap pertama,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, berharap dengan pembukaan tes tahap kedua itu dapat memenuhi kuota tenaga kontrak guru tahun anggaran 2017.

“Ini langkah dari Pemerintah Daerah dalam mengatasi kekurangan guru di Kapuas Hulu, saya rasa pemerintah kita sudah bijaksana, sebab jika harus menunggu pembukaan PNS dari pusat, mau sampai kapan,” ujarnya.

Meskipun dalam penerimaan guru kontrak ini belum bisa memenuhi kebutuhan guru secara keseluruhan, paling tidak dengan penerimaan guru kontrak itu sedikit mengatasi kekurangan guru.

“Bayangkan saja setiap tahun ratusan guru pensiun, bahkan hingga saat ini masih sekitar seribu lebih,” tuntasnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR