Bahas Krisis Rohingya, Kapolri Akan Temui Kepolisian Myanmar

Bahas Krisis Rohingya, Kapolri Akan Temui Kepolisian Myanmar

BERBAGI
Foto : Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian/Suara.com-Ummi Hadyah Saleh

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian dijadwalkan hadir di Konferensi ASEAN di Singapura pada Selasa (12/9) mendatang. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan bakal bertemu secara khusus dengan petinggi kepolisian Myanmar untuk membahas krisis kemanusian penduduk muslim Rohingya.

“Saya nanti tentu minta waktu bilateral meeting dengan kepala polisi Myanmar untuk juga diskusikan soal masalah ini. Termasuk sharing pengalaman kita dalam menangani kelompok-kelompok yang dianggap mungkin bersenjata, supaya korban msyarakat tak terjadi,” kata Tito usai menghadiri acara Diklat Komunikator Politik Partai Golkar di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (9/9).

Lebih lanjut kata Tito, Polri akan mendukung desakan pemerintah agar Myanmar menghentikan dan mencegah kekerasan terhadap semua warga, termasuk muslim di negara itu.

“Kemudian kita tentu menjaga kedutaan-kedutaan ini, sebab harus kita jaga,” ujarnya.

Sebagai seorang muslim, Tito juga mengaku sangat prihatin melihat apa yang terjadi dengan penduduk muslim di Myanmar. Dia berharap desakan dari dunia internasional, termasuk Indonesia, segera menemukan solusi atas krisis tersebut.

“Kita paham bahwa pemerintah, presiden sudah mengeluarkan statement, kemudian setelah itu kita tahu ada ibu menteri Retno sudah dikirim ke sana. Pembicaraan diplomasi ini jauh lebih efektif,” ujarnya menjelaskan.

(Suara.com/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR