Masyarakat Bisa Operasi Katarak Gratis di RSUD Putussibau

Masyarakat Bisa Operasi Katarak Gratis di RSUD Putussibau

BERBAGI
Foto: dr. Mia Purnama, SP. M/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – RSUD dr Ahmad Diponegoro Putussibau sudah menyandang stasus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dengan status tersebut pelayanan dokter spesialis semakin membaik, salah satunya untuk kesehatan mata.

Dokter Spesialis Mata di RSUD Putussibau, dr. Mia Purnama, SP. M, menuturkan, masyarakat Kapuas Hulu sudah bisa mendapatkan layanan operasi katarak di RSUD dr Ahmad Diponegoro Putussibau.

“Dulu belum bisa laksanakan operasi katarak karena terbatas untuk bahan operasinya. Namun karena sudah BLUD maka bahan-bahan operasi mata tersebut sudah bisa ditanggung pihak RSUD Putussibau, jadi sudah bisa operasi katarak,” tuturnya, Senin (11/9).

Bahkan, kata Mia, masyarakat bisa mendapat operasi gratis sepanjang yang bersangkutan memiliki jaminan kesehatan dari pemerintah.

“Kalau pasien adalah peserta BPJS, maka biaya ditanggung semuanya oleh pemerintah,  baik rawat inap, obat-obatan dan bahan-bahan operasinya, sehingga masyarakat tidak perlu membayar lagi,” imbuhnya.

Mia menambahkan, pemicu penyakit katarak adalah sinar matahari dan faktor usia seseorang. Karena usia senakin tua maka sel-sel matanya mengalami penurunan kualitas.

“Termasuk lensa mata yang dulunya jernih jadi keruh,” ujarnya.

Menurutnya, katarak bisa terjadi di satu mata atau keduannya. Kalau kena dua-duanya terkena katarak, operasinya bisa dilakukan secara bertahap.

“Satu atau dua minggu dari operasi pertama, pasien yang bersangkutan sudah bisa operasi lagi,” terangnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY