PODSI Kapuas Hulu: Perbanyak Lomba Dayung di Tingkat Kecamatan

PODSI Kapuas Hulu: Perbanyak Lomba Dayung di Tingkat Kecamatan

BERBAGI
Foto: Lomba dayung Porpuja ke 6 di sungai Kapuas Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (11/9)/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kapuas Hulu, Ardani, mengatakan, perlombaan dayung harus diperbanyak ditingkat kecamatan. Bukan hanya dalam Porpuja.

“Saya lihat belum semua kecamatan yang aktif dalam mengembangkan olahraga dayung. Baru enam kecamatan saja yang aktif mengadakan lomba lokal,” katanya, Senin (11/9).

Ardani merincikan, kecamatan yang aktif mengembangkan olahraga dayung adalah Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bunut Hilir, Embaloh Hilir, Silat Hilir, dan Suhaid. Sementara yang lain belum maksimal pengembangannya.

“Kecamatan yang kurang berkembang olahraga dayungnya, kemungkinan karena kurangnya perlombaan,” tuturnya.

Terkait animo masyarakat terhadap olahraga dayung, kata Ariani,  cukup tinggi. Banyak masyarakat yang ingin belajar dayung, bahkan dari sisi prestasi pedayung Kapuas Hulu pernah juara dievent nasional maupun Internasional,” tuntasnya.

Ketua KONI Kapuas Hulu, Hairudin menambahkan, perlombaan olahraga dayung cukup banyak dilakukan masyarakat. Selain saat hari besar kenegaraan juga saat hari besar keagaman.

“Perlombaan itu tetap ada meski tidak di semua kecamatan. Ada yang melaksanakannya saat HUT RI atau saat hari besar umat Islam,” ujarnya.

Pengembangan olahraga dayung di Kapuas Hulu, kata Hairudin selalu dapat dukungan Pemerintah. Pemerintah selalu memberi bantuan setiap ada kegiatan dayung, bahkan membuat eventnya. Seperti pada Porpuja ke 6 tahun ini.

“Setidaknya melalui lomba dayung di Porpuja dapat dicari pendayung-pendayung yang punya kemampuan untuk mengikuti Poprov di Sintang,” ujarnya.

Hairudin menjelaskan, untuk Poprov nanti, Kapuas Hulu bukan hanya mengikuti lomba dayung kategori Bidar dan Dragonboat saja, melainkan kategori Kayak dan Kanoe juga ikut.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR