Capai Realisasi PBB-P2, Pemkab Berikan Penghargaan Lima Desa

Capai Realisasi PBB-P2, Pemkab Berikan Penghargaan Lima Desa

BERBAGI
Foto: Suparmo, Kabid Pengelola PBB dan BPHTB, Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah Kabupaten Sekadau/Yahya

Sekadau,thetanjungpuratimes.com – Tercatat baru lima desa di Sekadau yang mampu mencapai realisasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) pada 2016.

Suparmo, Kabid Pengelola PBB dan BPHTB, Badan Pengelola Retribusi, dan Pajak Daerah Kabupaten Sekadau menyebutkan lima desa tersebut akan diberikan penghargaan oleh Pemkab Sekadau, karena peran aktifnya yang mampu mencapai hingga 100 persen PBB-P2.

“Llima desa tersebut diantaranya Belitang I, Belitang II, Maboh Permai, Ijuk dan Mondi. Kelima desa tersebut tersebar ditiga kecamatan, yakni Belitang, Belitang Hulu dan Sekadau Hulu,” katanya, Selasa (12/9).

Menurutnya, kelima desa tersebut akan diberikan penghargaan karena peran aktifnya yang mampu merealisasikan pembayaran PBB-P2 tahun 2016.

Ia menuturkan, hal ini merupakan bentuk apresiasi pemkab Sekadau kepada desa yang mampu mendongkrak pajak atas tingginya kesadaran masyarakat akan kewajibannya kepada negara.

“Misalnya desa diberikan target sesuai objek pajak dan realisasinya sesuai dengan atas bahkan ada yang melebihi target,” ucapnya.

Hal ini, kata Suparmo, menjadi contoh bagi desa lainnya agar warganya taat pajak. Ia menilai, saat ini kesadaran masyarakat tinggi untuk membayar pajak.

“Bahkan setiap hari, pelayanan di kantor mencapai 20-an orang yang mengurus PBB. Ini tentunya berdampak pada dana perimbangan dari pusat ke daerah khususnya ke Sekadau,” kata dia.

Kedepan, kata dia, pihaknya akan terus melakukan upaya jemput bola untuk mendongkrak hasil pajak. Bahkan, setiap tahunnya diadakan pekan panutan pajak.

“Langkah ini dilakukan sehingga semakin banyak masyarakat yang mengurus pajak. Harapan kami tentunya target pajak 2017 juga bisa tercapai,” pungkasnya.

(Yahya/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY