DPRD Kapuas Hulu sebut PT Berkah Sawit Abadi Tidak Sesuai Harapan...

DPRD Kapuas Hulu sebut PT Berkah Sawit Abadi Tidak Sesuai Harapan Masyarakat

BERBAGI
Foto: Januar menyampaikan kritiknya terkait perkebunan sawit di kecamatan Pengkadan, Kapuas Hulu/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Anggota DPRD Kapuas Hulu, Januar, mengkritik masalah perkebunan kelapa sawit yang ada di kecamatan Pengkadan, kabupaten Kapuas Hulu, karena aktivitas perkebunan sawit PT. Berkah Sawit Abadi (BSA) di kecamatan tersebut belum membuahkan hasil sesuai harapan masyarakat.

“Masalah sawit itu terjadi juga di Pengkadan, sawitnya banyak yang buruk dan jalan rusak. Ini terjadi disekitar perkebunan PT. BSA,” ucap Januar di gedung DPRD Kapuas Hulu, Selasa (12/9).

Januar menuturkan, masyarakat Pengkadan banyak yang menyerahkan lahan untuk digarap perusahaan sawit dengan harapan mendapatkan hasil sesuai perjanjian. Dimana keuntungannya delapan puluh banding dua puluh. Delapan puluh persen keuntungan untuk perusahaan, sedangkan dua puluh persen sisanya untuk masyarakat.

“Namun keuntungan itu tidak pernah dirasakan masyarakat sampai saat ini. Padahal masyarakat sudah mengorbankan kebun karet demi dapat berkah dari sawit,” kata dia.

Januar menegaskan, perlu langkah tegas dari Pemerintah terkahadap permasalahan sawit di Kapuas Hulu. Bukan hanya di Pengkadan saja. Apabila terus dibiarkan alkan memancing gejolak di masyarakat.

“Saya minta pihak pemerintah bidang perkebunan evaluasi izin sawit di Kapuas Hulu,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY