Ada ASN Pasang Postingan Dukung Salah Satu Calon, Ini Tanggapan Wali Kota

Ada ASN Pasang Postingan Dukung Salah Satu Calon, Ini Tanggapan Wali Kota

BERBAGI
Foto: Sutarmidji, Wali Kota Pontianak/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Beberapa waktu lalu akun media Sosial salah seorang Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak memposting foto salah seorang Bakal Calon Wali Kota Pontianak dan Gubernur Kalimantan Barat lengkap dengan pernyataan dukungannya terhadap Balon tersebut.

Padahal, dalam Surat Edaran Mendagri Nomor : 273/3772/JS tertanggal 11 Oktober 2016 Ayat (1) huruf b, ditegaskan bahwa dalam kampanye pasangan calon dilarang melibatkan ASN. Lalu bagaimana dengan ASN yang berada di lingkungan Pemkot Pontianak tersebut?

Menanggapi hal ini, Wali Kota Pontianak, Sutarmdiji, mengatakan untuk saat ini hal tersebut masih boleh dilakukan.

“Nanti ketika sudah ada penetapan, sudah resmi ada calon Wali Kota, sudah resmi jadi calon Gubernur, ternyata dia masih melakukan itu kita akan sanksi,” kata Sutarmidji, Rabu (13/9).

Ia melanjutkan untuk saat ini, ASN tersebut masih memiliki haknya sebagai warga negara untuk mengutarakan pemikirannya mengenai dukungannya terhadap siapa yang ia inginkan untuk memimpin daerah ini secara terbuka.

Setelah ada penetapanpun, ketika hal tersebut hanya sekedar omongan biasa pada kerabat, atau temannya dan tidak mengarah pada hal kampanye maka hal itu masih dibolehkan.

Hal serupa juga terjadi dalam beberapa kegiatan dilingkungan Pemkot atau Pemprov dimana para rekan kerja, ataupun teman sejawatnya yang kebetulan berasal dari lembaga trias politika yang lain mengguyoninya dengan sebutan calon Wali Kota, dan calon Gubernur berikutnya.

“Itu kan sebenarnya baru bakal calon, sepanjang itu tidak memasuki masa kampanye dan pada saat sudah ditetapkan calon dia tidak mengarah ke kampanye, boleh saja,” pungkasnya.

(Imam/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR