Kapal Indonesia Tabrakan di Laut Singapura, Lima ABK Hilang

Kapal Indonesia Tabrakan di Laut Singapura, Lima ABK Hilang

BERBAGI
Foto : Ilustrasi kapal tenggelam/suara.com

Singapura, thetanjungpuratimes.com – Satu kapal tanker berbendera Indonesia bernama lambung “Kartika Segara” bertabrakan dengan kapal keruk berbendera Dominika “JBB De Rong 19” di perairan Singapura, Rabu (13/9/2017).

Akibatnya, seperti dilansir Channel News Asia, lima awak kapal pengeruk dilaporkan hilang serta tujuh awak lainnya terluka.

“Tabrakan kedua kapal itu terjadi pada Rabu dini hari, sekitar pukul 00.40. Insiden itu terjadi di 1,7 mil barat daya perairan Singapura, yakni di Sisters Island,” demikian pernyataan otoritas maritim Singapura.

Ketika itu, kapal keruk Dominika tengah transit di jalur barat. Sedangkan kapal Kartika Segara baru mulai berlayar meninggalkan Singapura arah timur selat Singapura.

“Sistem informasi kami sudah memberikan informasi navigasi kepada kedua kapal sebelum peristiwa itu terjadi,” terangnya.

Kapal Kartika Segara mendapat kerusakan di bagian kanan haluan tapi tetap stabil sehingga bisa berlabuh di pelabuhan timur Singapura.

Sementara kapal keruk Dominika terbalik dan tenggelam sebagian. Dalam kapal keruk itu, terdapat 12 anak buah kapal berkewarganegaraan Tiongkok dan seorang asal Malaysia.

Sementara kapal Kartika Sagara memunyai 26 ABK yang kesemuanya berkewarganegaraan Indonesia. Mereka tak mengalami luka apa pun.

”Kami sudah mengerahkan kapal tongkang untuk menarik kapal Dominika yang hampir tenggelam ke Pulau Senang. Selain itu, kami juga masih melakukan pencarian terhadap 5 ABK kapal Dominika yang hilang,” tandas otoritas maritim Singapura.

(Channel News Asia/suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR