Nelayan Paloh Selamatkan 13 Korban Kapal Tenggelam

Nelayan Paloh Selamatkan 13 Korban Kapal Tenggelam

BERBAGI
Foto: Para ABK yang berhasil dievakuasi saat dirumah warga Mentibar/Istimewa

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Nelayan asal desa Mentibar kecamatan Paloh kabupaten Sambas berhasil menyelamatkan 12 awak kapal dan 1 orang nakhoda KM Sumber Cahaya. 13 ABK tersebut berhasil dievakuasi dan tiba di desa Mentibar.

Kabag Ops Polres Sambas Kompol Jajang mengungkapkan, pada Hari Selasa 12 September 2017 Sekira Jam 17.00 WIB telah tiba kapal nelayan kecamatan Paloh membawa nelayan asal Pemangkat yang kapal motornya tenggelam di laut kurang lebih 10 Mil timur Laut dari Pulau Murek, Kepulauan Riau.

“Mereka ABK dan nakhoda KM Sumber Cahaya yang berasal dari Pemangkat, berhasil di selamatkan oleh KM Doa Ibu dari dusun Sungai Simpur Rt03 Rw 02 Desa Mentibar kecamatan Paloh, para ABK tersebut tiba di desa Mentibar,” ujar Jajang, Rabu (13/9).

Dijelaskannya, kronologis kejadian berdasarkan keterangan nahkoda KM Sumber Cahaya, Gustianto, kapal yang dia bawa berlayar berangkat dari Pemangkat pada hari Senin tanggal 11 September 2017 sekira Jam 20.00 WIB menuju daerah Keredau, Natuna Kepulauan Riau untuk mengambil peralatan tangkap Ikan.

“Disaat dalam pelayaran menuju lokasi dari keterangan nakhoda, cuaca tidak menentu dan pada Hari Selasa 12 September 2017 sekira jam 04.30 Wib, tiba-tiba badai datang dan gelombang besar menghantam bagian belakang Kapal yang mengakibatkan Kapal Motor Tenggelam,” terangnya.

Untuk bertahan menunggu bantuan lanjutnya, Nahkoda dan ABK menggunakan pelampung pukat dalam satu rombongan, kemudian sekira jam 09.00 WIB KM. Doa Ibu dengan nakhoda Jurianto bersama tiga ABK yang sedang mencari perangkap Ikan/Bubu di sekitar lokasi, melihat rombongan yang sedang terapung-apung dipermukaan laut, dan langsung menyelamatkannya kemudian di bawa kembali ke pelabuhan Mentibar Kecamatan Paloh.

Untuk korban kapal tenggelam menurut Jajang, berjumlah 13 orang terdiri dari 1 orang Nahkoda dan 12 ABK dalam keadaan selamat.

“Salah satu ABK tersebut merupakan siswa magang/PPL dari SUPM Negeri Pontianak. Untuk kapal motor dan barang semuanya habis tenggelam. KM. Sumber Cahaya merupakan KM penangkap ikan dengan menggunakan pukat Linglung.

Untuk sementara nahkoda Dan ABK KM. Sumber Cahaya yang tenggelam di amankan di rumah Kadus Sungai Simpur Khairudin, RT 02 RW 03 desa Mentibar Kecamatan Paloh. Pemilik KM. Sumber Cahaya H Ragil, sudah dihubungi, dan dalam perjalanan untuk menjemput nahkoda dan ABK nya untuk dibawa kembali ke Pemangkat,” terang Jajang.

(Gindra/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR