Dewan Soroti Sekolah Terendam Banjir

Dewan Soroti Sekolah Terendam Banjir

BERBAGI
Foto: Anggota Komisi C DPRD Kapuas Hulu, Joni Kamiso/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Anggota Komisi C. DPRD Kapuas Hulu Drs. Joni Kamiso, menyoroti keadaan SMPN 8 yang ada jalan lintas utara desa Nanga Awin kecamatan Putussibau Utara yang terendam air.

Joni mengungkapkan, reses yang dilaksanaknnya pada 7 September 2017 itu ke SMPN 8 desa Nanga Awin merasakan langsung berada di genangan air yang masuk ke sekolah tersebut.

“Selesai acaranya jam 1 siang, air mulai masuk, selang satu jam kemudian air semakin pasang,” tutur Joni, Kamis (14/9)

Makanya Joni menyarankan, pembangunan sekolah harus memperhatikan aspek geografis. Dengan demikian, kata Joni yang membidangi pendidikan ini, sekolah aman dari banjir ketika air pasang.

“Konstruksi bangunan gedung sekolah harus menyesuaikan kondisi daerah, kalau sering banjir, maka bangunan itu mesti di rencang tinggi, sehingga ketika air pasang, sekolah aman dari rendaman air,” kata Joni Kamiso.

Legislator PPP ini mengingatkan, agar sebelum membangun gedung sekolah, harus bertanya dulu ke masyarakat sekitar, bagaimana lokasi rencana pembanguan gedung, seperti apa ketinggian air biasanya.

Selain itu Joni juga menyoroti SMPN 8 desa Nanga Awin perlu penambahan lokal baru agar proses bejalar mengajar berlangsung lancar, ia juga menyarankan agar sekolah tersebut dibangun lahan parkir.

“Selama ini siswa dan guru parkir di bahu jalan nasional lintas utara. Jadi perlu ada lahan parkir sekolah tersebut,” kata Joni Kamiso.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY