Polda Kalbar Gelar Uji Kompetensi Kemampuan Fungsi Identifikasi

Polda Kalbar Gelar Uji Kompetensi Kemampuan Fungsi Identifikasi

BERBAGI
Foto: Suasana Pelatihan dan Uji Kompetensi Kemampuan Fungsi Identifikasi di Polda Kalbar/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat bersama Mabes Polri bekerjasama dengan Kepolisian Jepang (JICA) menggelar pelatihan, dan uji kompetensi fungsi identifikasi.

“Berkaitan dengan bantuan identifikasi yang sudah dimulai sejak tahun 2002, Kami bekerjasama dengan pihak Mabes Polri, saat ini sedang melaksanakan pengembangan teknik identifikasi ke seluruh Indonesia, keliling ke Polda-Polda, untuk memberikan pelatihan, khususnya teknik pengembangan sidik jari dan pemeriksaan sidik jari,” kata pelatih Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) dari Kepolisian Jepang, Tahira Masato, Kamis (14/9).

Tahira Masato mengatakan, banyak perkembangan selama pihaknya bekerjasama dengan Mabes Polri di dalam melaksanakan pelatihan, dan uji kompetensi bidang identifikasi ini.

“Kami melihat begitu banyak perkembangan tentang teknik identifikasi yang bisa dikembangkan di Polda-Polda,”

Dirinya menjelaskan alur uji kompetensi ini, setelah mengikuti pelatihan di polda-polda, nanti akan ada yang terpilih untuk mengikuti pelatihan terpusat di Mabes Polri dari seluruh Indonesia selama dua minggu.

“Kemudian dipilih lagi yang terbaik sebanyak dua orang untuk dikirim ke Jepang untuk mengikuti pelatihan lebih khusus lagi selama sebulan,” jelasnya.

Kombes Pol Yayad Hidayat, mewakili Mabes Polri mengharapkan anggota kepolisian dengan pelatihan ini semakin mahir.

“Kegiatan ini diharapkan anggota kita khususnya di bidang identifikasi lebih mampu, dan lebih mahir untuk membantu dan menangani kasus-kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah,” harapnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY