Bawaslu Siapkan Pengawasan Tahapan Pilkada Kalbar 2018

Bawaslu Siapkan Pengawasan Tahapan Pilkada Kalbar 2018

BERBAGI
Foto: Krisantus Heru Siswanto, anggota Bawaslu Kalbar/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat, Krisantus Heru Siswanto mengatakan, untuk pemilihan gubernur  Kalimantan Barat 2018, tentu Bawaslu mempersiapkan perangkatnya untuk melakukan pengawasan mulai dari tahapan pencalonan.

“Kalau untuk pencalonan lebih fokus pada calon perseorangan. Karena tahap calon perseorangan ini harus dilakukan verifikasi faktual oleh KPU syarat calonnya,” katanya, Senin (18/9).

Dikatakannya, maka pengawas pemilu akan melakukan pengawasan terhadap verifikasi faktual dimaksud.

Kemudian dirinya menuturkan, Bawaslu akan memastikan dan terus mengawasi dokumen dukungan pasangan calon tersebut benar-benar valid.

“Tentu memastikan bahwa masyarakat itu memberikan dukungannya, bukan dokumen yang digunakan oleh orang lain, tetapi dia secara langsung memberikan dukungannya. Itu yang harus kami awasi, karena itu hak orang untuk memberikan dukungan itu, ya harus benar-benar valid. KPU juga memastikan hal yang sama, kalau dia tidak merasa memberikan dukungan, maka dokumen yang digunakan harus dicoret,” pungkasnya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR