Ini Tanggapan Warga Sipil yang Ikut Nobar Film G30S PKI

Ini Tanggapan Warga Sipil yang Ikut Nobar Film G30S PKI

BERBAGI
Foto : Rahman, salah seorang warga yang ikut menonton film G30S PKI di Kodam Tanjungpura/Imam

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Kodam XII/Tanjungpura menggelar kegiatan nonton bersama film G30S PKI pada Rabu (20/9) malam. Selain menonton film tersebut bersama para anggotanya, pihak Kodam juga membuka gerbang bagi warga sipil untuk ikut nonton bersama.

Salah seorang warga yang ikut menonton adalah Rahman (58). Meskipun menyayangkan ada beberapa adegan yang dipotong karena menyesuaikan dengan aturan sensor saat ini, namun ia menyambut baik penayangan kembali film ini terutama bagi generasi muda.

“Pada dasarnya memang ini baik untuk generasi muda bahwa memang di Indonesia pernah terjadi suatu peristiwa yang sangat biadab, sangat kejam yaitu peristiwa G30S PKI,” ujar Rahman.

Menurutnya, film yang sempat dilarang tayang setelah runtuhnya masa orde baru tersebut memang perlu ditayangkan kembali. Ia merasa para generasi muda saat ini perlu mengetahui apa yang pernah terjadi atau dilakukan oleh PKI di masa lalu sangat kontra dengan ideologi dasar negara Indonesia.

“Film yang artinya memang itu sejarah, asal tidak direkayasa itu sangat perlu,” lanjutnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai Guru ini menambahkan, pengenalan sejarah melalui media film seperti ini dirasa lebih efektif. Walaupun ia tidak memungkiri, terkadang film semacam ini memuat pesan dari Pemerintah yang berkuasa pada saat itu.

Namun, hal tersebut tetap saja tidak merubah fakta bahwa apa yang telah dilakukan oleh PKI pada tahun 1965 merupakan catatan sejarah kelam bagi bangsa Indonesia.

“Peristiwa PKI yang terjadi pada tahun 65 itu bagaimanapun itu menjadi peristiwa yang sangat-sangat melukai hati negara Indonesia. Maka itu harus diberi penjelasan kepada anak didik dan generasi muda yang akan datang,” pungkasnya.

(Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR