Komunitas Pancing Udang Dukung Pelestarian Sungai Sambas

Komunitas Pancing Udang Dukung Pelestarian Sungai Sambas

BERBAGI
Foto: Sungai Sambas/Gindra

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Ketua Komunitas Pancing Udang kabupaten Sambas Ichsan Prihatin mengatakan dalam menjaga kebersihan kelestarian sungai Sambas, telah dilakukan dengan menggelar lomba mancing udang yang sengaja dilakukan oleh Komunitas pancing udang kabupaten Sambas.

Ia juga mengatakan upaya pemerintah kabupaten Sambas, dalam menjaga sungai melalui deklarasi ‘Selamatkan Sungai Kitte dari Pencemaran Lingkungan’ telah sejalan dengan kegiatan yang dilakukan oleh Komunitasnya dalam menjaga kelestarian sungai.

“Kami berharap pemerintah kabupaten Sambas beserta aparatur desa. Terutama desa yang berada dialiran sungai Sambas untuk sama-sama menjaga kelestarian sungai,” pintanya, Kamis (28/9).

Ia mengungkapkan salah satu yang merusak habitat sungai. adalah aktifitas meracun ikan dengan tuba, untuk itu ia berharap setelah adanya deklarasi untuk menjaga sungai oleh pemerintah kabupaten Sambas. Aktifitas menuba ikan tidak lagi dilakukan oleh oknum masyarakat.

“Kita sepakat dengan pemerintah daerah dalam upaya menjaga sungai Sambas, melalui deklarasi yang sudah dilakukan akan dapat menjaga sungai Sambas dari berbagai bentuk pencemaran,” katanya.

Dirinya mengungkapkan, selain aktifitas menuba ikan. Pencemaran sungai juga bisa terjadi akibat pembuangan limbah ke sungai.

“Yang riskan juga masalah pertambangan emas tanpa izin, karena dampak dari pertambangan tersebut nyata sekali,” katanya.

Sebagai wujud nyata dalam menjaga kelestarian sungai lanjut Ichsan, ia bersama komunitas mancing udang sejak beberapa tahun terahir menggelar lomba mancing udang.

“Dalam kegiatan yang kita lakukan selalu mengkampayekan untuk menjaga kelestarian sungai, dalam prakteknya setiap kegiatan selalu mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai,” ujarnya.

Ini merupakan wujud sebagai komunitas menjaga kelestarian sungai Sambas yang diharapkannya agar masyarakat tidak membuang sampah. Itu yang dilakukan untuk menjaga kelestarian sungai melalui kegiatan mancing udang, pentingya menjaga kebersihan sungai.

(Gindra/Faisal)

1 KOMENTAR

  1. Tapi kenapa air sungai yg keruh masih tetap blum dituntaskan akibat tambang emas ilegal/peti. .
    Untuk sungai Desa Lubuk Dagang Dusun Lubuk Lagak

Comments are closed.