Kagama Kalbar Gelar Temu Kangen : Kepengurusan Baru Hingga Seminar Nasional Bersama...

Kagama Kalbar Gelar Temu Kangen : Kepengurusan Baru Hingga Seminar Nasional Bersama Presiden

BERBAGI
Foto : Para alumni Universitas Gajahmada yang tergabung dalam Kagama Kalbar/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Keluarga Alumni Universitas Gajahmada (Kagama) Kalimantan Barat menggelar acara temu kangen di aula pertemuan lantai tiga Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura, pada Minggu (1/10) malam.

Sekitar 250 orang alumni yang hadir dari lintas angkatan bertemu kembali setelah sekian lama mereka menyelesaikan pendidikan dan sibuk menekuni profesi masing-masing. Sebut saja seperti Guru Besar Hukum Untan, Prof H Slamet Rahardjo SH hingga Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Rektor Untan sendiri didaulat oleh Kagama untuk menjadi Ketua dari kepengurusan Kagama yang baru dibangkitkan setelah hampir sembilan tahun vakum. Bagi Rektor, bisa kembali bertemu dengan para teman sejawat setelah hampir 20 tahun tidak bertemu, serta para senior dan juniornya merupakan hal yang patut disyukuri.

“Sudah hampir 20 tahun kami tidak berkumpul. Sudah perubahan zaman, perubahan dinamika hidup, maka kami sekarang ini kembali lagi berkumpul untuk menyatukan kekuatan-kekuatan yang kami miliki,” kata Rektor.

Apalagi, lanjutnya, Alumni Universitas Gajah Mada (UGM) saat ini sudah tersebar di mana-mana hingga ke luar negeri. Alumni UGM juga menurutnya tidak sungkan-sungkan bekerja atau pun menerapkan ilmu yang telah diperolehnya hingga ke daerah yang terpencil sekalipun.

Guru Besar Kimia ini berharap, kehadiran kepengurusan baru Kagama bisa mewadahi program-program dari para alumni yang bisa bermanfaat bagi pembangunan Kalbar pada khususnya. Dalam waktu dekat ini, Prof Thamrin mengungkapkan, jika Kagama akan mengadakan Seminar Nasional tentang perbatasan yang nantinya akan menghadirkan salah satu alumni UGM yang juga Presiden RI, Joko Widodo.

“Kita akan memberikan sumbang saran serta pemikiran untuk kemajuan Kalimantan Barat, kemajuan bagi tanah air terutama di daerah perbatasan,” ungkapnya.

Para alumni yang hadir berasal dari berbagai macama latar belakang profesi yang SDMnya sudah tidak diragukan lagi. Jika semua kemampuan yang mereka miliki tersebut bisa di sinergiskan dengan baik melalui forum Kagama ini, maka hal itu diyakini Rektor akan membawa dampak yang cukup besar bagi perubahan pembangunan daerah dari segi apapun.

“Tinggal kami satukan, kami sinergiskan, dan akan kami abdikan kemampuan kami kepada ibu pertiwi,” ungkap Rektor.

Sementara itu, salah satu alumni tertua yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut, Prof H Slamet Rahardjo SH, mengungkapkan rasa rindunya untuk para alumni UGM ini berkumpul kembali.

“Rasanya ibaratkan anak itu seperti bertemu dengan orang tuanya. Saking rindunya, pengen bernostalgia kembali bertemu dengan semua teman-teman se almamater,” ungkap Prof Slamet.

Hal itu ia ungkapkan bukan saja karena para angkatan yang lama sudah lama tidak bertemu satu sama lain, tetapi juga karena sempat vakumnya kepengurusan Kagama yang aktif mulai tahun 1972 hingga 2008 karena kesibukan masing-masing.

Karena itu ia sangat menyambut baik adanya kepengurusan yang baru dengan SDM-SDM muda yang lebih enerjik. Ia juga berharap kepengurusan ini dapat terus berlanjut sehingga silaturahim antar alumni baik yang sejawat maupun lintas angkatan bisa terus disambung.

“Saya yakin ini bisa terus berlanjut, karena biasanya kalau yang dari Yogya itu semangat kebersamaan dan gotong royongnya tinggi,” ujarnya.

Ia juga berharap kepengurusan baru ini bisa bermanfaat dan berperan banyak bagi daerah Kalbar, terutama dalam hal pendidikan. Kagama sendiri merupakan perpanjangan tangan dari UGM, sehingga apapun informasi yang ada disana bisa diberikan kepada masyarakat Kalbar, terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya ke UGM.

“Seperti dulu juga ada kita dimintai tolong untuk mencari anak-anak daerah yang mempunyai kemampuan bibit unggul, nanti kita kirim kesana,” pungkasnya.

(Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR