Dit Polair Polda Kalbar Amankan Puluhan Orang Tenaga Kerja Asing

Dit Polair Polda Kalbar Amankan Puluhan Orang Tenaga Kerja Asing

BERBAGI
Foto : WNA saat diamankan oleh Dit Polair/Ist

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Direktorat Polisi Air Polda Kalbar mengamankan Tenaga Kerja Asing (TKA) tanpa dokumen, pada Senin (2/10).

Pada saat Dit Polair melakukan patroli perairan, menemukan adanya aktifitas pembangunan di tepian sungai, lokasi PT CONCH yakni perusahaan semen yang beralamat di Desa Wajok, Kilometer 14, Kabupaten Mempawah.

Saat anggota Dit Polair bertanya kepada para TKA, mereka tidak dapat menjawab. Melihat hal itu, para TKA diminta berkumpul dan anggota Polair meminta dokumen keimigrasian para TKA kepada PT CONCH.

Para TKA tersebut langsung digiring ke Mako Dit Polair untuk diamankan dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Diketahui jumlah TKA yang diamankan ke Mako Dit Polair berjumlah 44 orang, dua orang perempuan. Dari total jumlah TKA tersebut, tujuh orang memiliki dokumen keimigrasian, sedangkan 37 masih dalam tahapan kepengurusan dokumen, kesemua TKA tersebut merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Cina.

Berdasarkan keterangan kontraktor PT CONCH, Davis, pihaknya hanya menggunakan dua orang TKA dan memiliki dokumen keimigrasian yang sah. Namun dalam pembangunan tersebut juga melibatkan dua perusahaan kontraktor lainnya yakni PT KIAN dan PT PORT ENGINEERING yang membawa TKA lainnya.

Saat ini karyawan perusahaan yang bertanggungjawab terhadap dokumen penggunaan TKA, yakni Joni, sedang melaksanakan cuti ke Batam, diperkirakan akan kembali sekitar tiga sampai empat hari mendatang.

Pada saat dilakukan pengamanan, ada beberapa orang TKA yang melarikan diri, sedangkan yang berhasil dikumpulkan langsung dibawa ke Mako Dit Polair Polda Kalbar.

“Masih kami lakukan interogasi dan akan didalami Dit Intelkam Polda Kalbar selaku pembina teknis intelijen dan pengawasan orang asing,” ucap Dir Polair, Kombes Fauzi Rasaf.

(Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR