Dokter Temukan 100 Logam dari Perut Lelaki Ini

Dokter Temukan 100 Logam dari Perut Lelaki Ini

BERBAGI
Foto : Ilustrasi koin, uang logam/Shutterstock

Prancis, thetanjungpuratimes.com – Ahli bedah mengeluarkan lebih dari 100 buah logam dari perut lelaki Prancis berusia 52 tahun. Lelaki tersebut diketahui menderita psikosis yang membuatnya memiliki kecenderungan sengaja menelan barang-barang logam seperti sendok, koin, paku hingga pisau.

Kebiasaan nyeleneh ini membuat barang-barang logam membeku di bagian perutnya yang kemudian menghalangi pilorus, bagian yang menghubungkan antara lambung dengan usus halus.

Akibatnya ia harus bolak-balik ke unit gawat darurat rumah sakit lima kali dalam setahun dengan keluhan sakit perut, mual hingga muntah darah. Untuk mengeluarkan logam-logam yang mungkin telah berkarat ini dokter melakukan proses endoskopi hingga empat kali.

Dr. Steven Moss, seorang ahli gastroenterologi di Warren Alpert School of Medicine of Brown University mengatakan, kasus serupa memang pernah ia tangani sebelumnya. Bahkan pada 2016, Moss pernah menangani kasus serupa yang membuat lambung pasiennya berlubang.

“Perut telah berlubang dan operasi adalah satu-satunya pilihan untuk mengambil benda yang tertelan,” ujar Moss dilansir Foxnews.

Ia juga mengaku pernah mengeluarkan baterai, potongan CD dan ratusan koin dari perut pasien yang mengalami psikosis. Menurut Moss kecenderungan menelan benda-benda logam ini memang terkait pada kondisi kejiwaan seseorang yang terganggu.

Mereka yang menderita psikosis biasanya mendengar suara aneh yang menyuruh menelan benda-benda tak biasa. Namun ada juga golongan lain yang sengaja menelan benda-benda tajam maupun logam untuk menyakiti dirinya sendiri.

(Foxnews/suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR