Tak Ada Material, Satlantas Terbitkan SIM Pakai Kertas HVS

Tak Ada Material, Satlantas Terbitkan SIM Pakai Kertas HVS

BERBAGI
Foto : Contoh SIM sementara yang dicetak dengan kertas biasa/Ist

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Banyak masyarakat di Kota Pontianak yang mempertanyakan saat selesai mengikuti proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), yang mereka terima adalah SIM dalam bentuk kertas HVS.

Menanggapi hal ini, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pontianak, Komisaris Polisi Syarifah Salbiyah, mengatakan, hal ini merupakan instruksi langsung dari Korlantas Polri dan hanya akan berlangsung sementara waktu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, jika hal ini dikarenakan tidak adanya Ribbon atau material untuk mencetak SIM sebagaimana mestinya di seluruh daerah yang ada di Indonesia.

“Bukan arti kata kita tidak mencetak, nanti kalau kita mencetak, kita menyalahi. Karena seluruh Indonesia itu petunjuk dari Korlantas seperti itu contohnya. Jadi bukan ide dari masing-masing daerah. Karena tidak adanya ribbon atau material untuk mencetak SIM asli itu bukan hanya di Polresta Pontianak Kota, tapi seluruh Indonesia,” katanya, pada Sabtu (7/10).

Dirinya mengaku belum bisa memastikan sampai kapan keadaan seperti ini berlangsung. Kalaupun Polresta Pontianak Kota memiliki material untuk mencetak SIM, namun tetap harus menunggu instruksi dari Polda Kalbar yang juga menunggu instruksi serupa dari Korlantas Polri.

Hal ini pula yang menyebabkan mobil keliling Satlantas menjadi tidak efektif.

“Mobil keliling itu intinya mendekatkan layanan publik kepada masyarakat, itu dikhususkan untuk SIM perpanjangan. Jadi satu kali datang langsung selesai. Kalau tidak adanya ribbon film untuk mencetak berarti dia tidak datang sekali langsung jadi,” tambahnya.

“Jadi kalau kita lihat dari efektifitas, tujuan dari mobil itu sendiri memang tidak efektif kalau kondisinya dia harus datang 2 atau 3 kali,” pungkasnya.

(Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR