Edi Kamtono: Informasi Seputar Darah di PMI Bisa Dilihat dari Smartphone

Edi Kamtono: Informasi Seputar Darah di PMI Bisa Dilihat dari Smartphone

BERBAGI
Foto: Edi Rusdi Kamtono bersama para pengurud PMI Masa Bakti 2017-2022/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Ketua PMI Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, untuk meningkatkan dan memudahkan pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak berkaitan dengan informasi ketersediaan darah, pihaknya akan menyediakan layanan informasi berbasis aplikasi yang bisa diakses melalui Smartphone.

Meskipun PMI sendiri sudah memiliki aplikasi serupa yang disebut dengan SIM donor, namun Edi merasa aplikasi tersebut masih perlu ditingkatkan lagi kehandalannya.

“Kami akan menyempurnakan sehingga masyarakat bisa mudah untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan darah,” katanya, Selasa (10/10).

Informasi tersebut, lanjut Edi, akan diisi oleh basis data yang akurat seputar data mengenai para pendonor tetap, pendonor sukarela, juga masyarakat yang belum menjadi pendonor lengkap dengan jenis golongan darahnya.

Selain itu, Edi juga mengatakan jika PMI memiliki database mengenai para pendonor tetap yang disajikan dengan format by name by address, dan golongan darah si pendonor.

“Nanti kalau saat-saat tertentu ada pasien yang membutuhkam darah sudah tidak susah lagi untuk mencari. Kita tinggal menghubungi mereka,” lanjutnya.

Berkaitan dengan pelayanan utama PMI soal ketersediaan darah, aplikasi ini juga akan menampilkan jumlah darah yang tersedia di PMI saat ini lengkap dengan pengelompokkan jenis golongan darahnya.

Data tersebut akan terus diupdate setiap ada darah yang masuk dari pendonor ataupun keluar dari persediaan.

“Masyarakat nanti tidak perlu susah untuk mengecek apakah darah yang mereka perlukan tersedia atau tidak di PMI, tinggal dilihat dari smartphone nya saja,” pungkas Edi.

(Imam/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR