Edi Rusdi Kamtono Pimpin PMI Kota Pontianak

Edi Rusdi Kamtono Pimpin PMI Kota Pontianak

BERBAGI
Foto : Edi Rudi Kamtono saat dilantik menjadi Ketua Pengurus PMI Kota Pontianak yang baru/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pengurus Palang Merah Indonesia Kota Pontianak masa bhakti 2017-2022 resmi dilantik pada Selasa (10/10) di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Dalam pelantikan tersebut, Edi dilantik menjadi Ketua PMI Kota Pontianak.

Edi mengatakan, ia akan melanjutkan program-program kepengurusan PMI Kota Pontianak yang telah lalu dibawah kepemimpinan Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

“Sebenarnya sudah dibangun infrastruktur baik itu bangunan, peralatan, maupun SDM. Saya tinggal melanjutkan dan ingin meningkatkan kualitas pelayanannya,” kata Edi.

Ia meyadari jika ketersediaan darah di PMI Kota Pontianak saat ini masih sangat kurang. Jika dibandingkan, darah yang tersedia saat ini berkisar 2.400 kantong lebih, sedangkan kebutuhan akan darah tersebut saat ini berjumlah 2.700 kantong.

Namun, menurutnya hal itu bisa diatasi dengan melakuan sosialisasi melalui para pendonor tetap kepada para kerabat dan keluarganya.

“Kekurangan darah ini tentunya harus ditutupi dengan pendonor-pendonor sukarela dengan mereka membawa keluarganya ataupun kerabatnya untuk ikut berdonor pada saat ada pasien yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Selain itu, kepengurusan kali ini juga turut memperhatikan masalah darah para pendonor yang tidak bisa terpakai karena pada saat mereka akan mendonor, pihak PMI menemukan jika darah mereka terpapar oleh kuman atau yang lebih parah, virus-virus semacam Hepatitis dan HIV.

Ia juga menginstruksikan para pengurus PMI untu memeriksa darah yang telah terdonor apakah mengandung hal-hal semacam tadi atau tidak. Jika ada temuan, maka darah-darah tersebut akan langsung dimusnahkan.

“Darah-darah yang tidak bisa digunakan karena terpapar kuman misalnya virus HIV terus Hepatitis itu harus dimusnahkan. Kita juga akan menyediakan dokter konsuling untuk mereka yang kita indikasikan darahnya terpapar kuman-kuman tadi,” pungkasnya.

(Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY