Peretas Korut Dituduh Curi Dokumen Rahasia Militer Korut-AS

Peretas Korut Dituduh Curi Dokumen Rahasia Militer Korut-AS

BERBAGI
Foto : Ilustrasi hacker/Shutterstock

Korea Selatan, thetanjungpuratimes.com – Para peretas Korea Utara disebut sukses mencuri banyak dokumen rahasia bidang militer tetangganya, Korea Selatan.

Tak hanya itu, dilansir dari Yonhap, Selasa (10/10/2017), di antara dokumen rahasia tersebut terdapat berkas rencana operasi militer masa perang milik Korsel dan Amerika Serikat.

Klaim peretasan tersebut diungkapkan Rhee Cheol Hee, anggota parlemen Korsel asal Partai Demokrat.

“Sebanyak 235 gigabita dokumen militer telah dicuri dari pusat data terpadu pertahanan. Informasi itu kudapatkan dari sejumlah pejabat pertahanan,” tutur politikus partai berkuasa tersebut.

Ia mengatakan, pencurian data oleh peretas Korut itu terjadi pada Septemberlalu. Celakanya, 80 persen dari total kapasitas dokumen terdigitalisasi yang dicuri itu belum diketahui.

Pemerintah AS di Washington mengatakan, pihaknya mengetahui laporan media soal kasus tersebut. Namun, tidak bersedia memberikan komentar substansial soal kemungkinan pencurian tersebut.

“Saya hanya bisa meyakinkan kalian, bahwa kami percaya seluruh rencana operasi aman. Begitu juga kemampuan kami menghadapi ancaman apa pun dari Korea Utara,” kata juru bicara Pentagon Kolonel Robert Manning kepada para wartawan.

Sementara pemerintah Korut di Pyongyang menolak bertanggungjawab atas serangan dunia maya tersebut.

Korut justru mengecam Seoul, yang dianggapnya “mengarang” cerita soal serangan siber tersebut.

(suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY