Jangan Kaget, Ini Ongkos Jahit Baju Pelantikan Anies

Jangan Kaget, Ini Ongkos Jahit Baju Pelantikan Anies

BERBAGI
Foto: Anies Baswedan. (suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Jasa pembuatan pakaian dinas upacara (jas) yang digunakan Gubernur Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan untuk acara pelantikan di Istana Negara seharga Rp3 juta. Jas itu dijahit oleh Thio Ahmad Hendra, pemilik Chiu Tailor.

“Standar saya terima jasanya saja upahnya 1 stel jas itu Rp2,5 juta. Kalau ini PDU karena bahannya putih, susah juga jahitnya, tukang saya juga saya tambahkan ongkosnya Rp500 ribu,” ujar Hendra di Jalan Tirtayasa II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/10).

Hendra mengatakan harga tersebut hanya jasa jahit, untuk bahan sudah disediakan pemerintah Jakarta.

Ini bukan pertama kali Hendra menerima jasa pembuatan jas untuk pelantikan gubernur dari pemerintah Jakarta. Ia pernah menjahitkan baju Gubernur Jakarta era Tjokropronolo, yang memimpin DKI pada 1977-1982.

“Saya bukan pertama menjadi tukang jahit gubernur. Saya mungkin pertama kali ini saya jahit pakaian Pak Anies, pakaian gubernurnya. Saya diminta biro KDH (kepala daerah) untuk menjahitkan baju Pak Anies,” kata Hendra.

Hendra sudah menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI dari tahun 1977. Selain menggunakan jas untuk gubernur, dia juga menerima pesanan jas wakil gubernur, dan pakaian dinas PNS Jakarta.

“Saya khusunya terima pakaian dinas pegawai pemda sejak tahun 1977,” kata dia.

Hendra menjelaskan, tidak ada hambatan atau perbedaan saat menjahit jas guberur atau wakil gubernur Jakarta. Tetapi, ia baru kali ini kembali dipercaya menjahit jas gubernur DKI. Hal ini dikarenakam saat pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2012 lalu, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggunakan jasa penjahit langganannya, Feng Sin Tailor.

“Cuma kayaknya memang sudah lama saya nggak kerjakan ini ya, kayaknya seneng sekali begitu bisa dipercayakan lagi sama saya,” kata dia.

Untuk menjahit satu jas Hendra memerlukan waktu sekitar sebulan.

Untuk PDU yang akan digunakan wakil gubernur Jakarta terpilih Sandiaga Salahuddin Uno tidak dijahit Hendra. Sebab, politikus Partai Gerindra itu telah memiliki penjahit langganan.

“Kalau Pak Anies nggak ada permintaan khusus. Pesanan (dari Pemprov) hanya satu stel pakaian PDU untuk upacara putih-putih. Pakaian harian (PDH) yang dinas cokelat-cokelat itu 2 stel, dan baju dinas putih,” kata dia.

 

Untuk jasa jahit celana putih panjang yang akan digunakan Anies saat pelantikan Rp300 ribu, dan baju kemeja putih dalaman jas Rp300 ribu. Satu stel celana dan kemeja Rp600 ribu. Jika ditotal, jasa keseluruhan untuk seragam pelantikan Anies di Istana Negara, Senin (16/10/2017) itu Rp4,2 juta.

Lebih jauh, tak ada kesulitan komunikasi antara Hendra dan mantan menteri pendidikan itu. Ia mengikuti waktu kosong Anies untuk melakukan pengukuran. Setelah selesai dijahit, ternyata jas putih yang akan digunakan Anies kebesaran. Tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah, setelah diperbaiki, jas sudah pas digunakan Anies.

“Jadi memang susah kalau tukang jahit menyocokan selera, masing-masing kan beda-beda. Seperti sekarang sudah bagus, badan sudah bagus, saya lihat tangannya masih kurang. Mau diperbaiki sedikit di tangannya,” kata dia.

(Suara.com/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY