Mengintip Sanksi Uni Eropa ke Korea Utara

Mengintip Sanksi Uni Eropa ke Korea Utara

BERBAGI
Foto : Korea Utara kembali menembakkan sebuah rudal pada Jumat (15-9)/AFP

Thetanjungpuratimes.com – Negara-negara di Eropa menjatuhkan sanksi ke Korea Utara, Senin (16/10/2017). Eropa menutup seluruh akses Korea Utara ke Eropa.

Sanksi ini diberikan lantaran pimpinan Korea Utara Kim Jong Un tetap melanjutkan program rudal yang dinilai ilegal oleh dunia.

Para menteri Eropa menandatangani sanksi keras terhadap Korea Utara. Dalam sebuah pertemuan di Luksemburg, para menteri luar negeri Eropa akan kembali memotong sumber uang tunai yang membantu Kim Jong Un melanjutkan program rudalnya.

Selain itu, ekspor minyak Eropa akan dihentikan ke Korut, begitu juga perluasan larangan investasi Uni Eropa di Korea Utara.

EU juga akan membatasi pekerja Korea Utara masuk kawasan.

Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, menilai Korea Utara menimbulkan ancaman terhadap masyarakat internasional. Sehingga Boris menilai perlu Inggris bekerja sama dengan Uni Eropa. Saat ini Inggris sudah keluar dari Uni Eropa.

“Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, rezim Korut harus bertanggung jawab penuh atas tindakan yang telah diberlakukan oleh masyarakat internasional terhadapnya, termasuk sanksi-sanksi ini,” kata dia.

(Sky News/suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR