Jamur Bisa Menurunkan Berat Badan

Jamur Bisa Menurunkan Berat Badan

BERBAGI
Foto : Ilustrasi sup jamur/Shutterstock

Thetanjungpuratimes.com – Menambahkan jamur untuk sarapan mungkin terdengar aneh, tapi jika Anda ingin mempertahankan berat badan, jamur ternyata bisa membantu Anda.

Ya, sebuah penelitian baru mengatakan bahwa mengonsumsi jamur saat sarapan bisa menimbulkan perasaan kenyang yang lebih besar, sehingga membantu Anda menghindari mengonsumsi kalori berlebih di jam makan berikutnya.

Seperti penelitian yang dipublikasikan sebelumnya, penulis studi Joanne Slavin, Profesor di University of Minnesota di Amerika Serikat mengatakan, penelitian ini juga menunjukkan manfaat baik dari nutrisi yang dimiliki jamur saat Anda mulai mengganti daging atau lauk lainnya dengan jamur saat Anda sarapan.

“Karena protein nampaknya merupakan macronutrien yang paling membuat kita kenyang menurut literatur ilmiah, kami ingin mencocokkan jumlah protein dalam intervensi jamur dan daging dalam mengendalikan rasa kenyang,” kata dia dilansir Boldsky.

Setelah mencocokkan kandungan protein jamur dan daging, peneliti melihat bahwa keduanya mengandung jumlah kalori yang sebanding.

Tujuan penelitian adalah untuk menilai perbedaan rasa kenyang saat mengonsumsi makanan 10 hari antara jamur Agaricus bisporus (umumnya dikenal dengan jamur kancing putih) (226 gram) dan daging (28 gram).

Para peserta mengonsumsi dua porsi jamur dan daging selama masing-masing 10 hari. Hasil menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rasa kenyang antara mengonsumsi jamur dan daging.

Peserta melaporkan secara signifikan, bahwa mereka sedikit merasa lapar, kenyang lebih lama dan penurunan konsumsi prospektif, setelah mengkonsumsi sarapan jamur dibandingkan dengan sarapan daging.

Jadi, tak ada salahnya untuk mengonsumsi jamur saat sarapan. Apalagi, jamur memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kolesterol dan diabetes, mencegah darah rendah, hingga membuat tulang lebih kuat.

(Boldsky/suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR