Kebiasaan Jorok Memperlakukan Sikat Gigi Ini Harus Dihindari

Kebiasaan Jorok Memperlakukan Sikat Gigi Ini Harus Dihindari

BERBAGI
Foto: Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)

Thetanjungpuratimes.com – Setiap orang memiliki tingkat kebersihan berbeda-beda. Misalnya, ada orang yang tanpa sungkan berbagi menggunakan sikat gigi. Nah, apakah hal tersebut merupakan hal yang jorok? Jawabannya, sangat jorok.

Sikat gigi merupakan salah satu dari benda rutinitas kebersihan kita sehari-hari. Namun, kebanyakan dari kita secara konsisten mengabaikan bagaimana merawat dan menggunakannya dengan benar.

Karena itu, Anda mungkin ingin bertanya pada diri sendiri apakah Anda sebersih yang Anda duga?

Pertama, mari kita bicarakan mengenai kebiasaan berbagi sikat gigi bersama teman. Saat seseorang membagikan sikat gigi mereka dengan orang lain setelah bangun tidur, maka ingat ini, benda itu kotor, dan sangat tidak higienis.

Bahkan, jika Anda tidak dapat melihat kotoran, partikel makanan tetap berada di sikat gigi setelah Anda membersihkannya.

Ini berarti Anda menyikat sampah makanan orang lain ke gigi Anda sendiri, sambil berpikir bahwa Anda sedang membersihkan gigi Anda. Tapi bukan hanya makanan yang tertinggal di sikat gigi lama setelah Anda “cuci bersih” dengan air. Ada juga bakteri, yang tumbuh di sana meski sikat gigi tersebut kering.

Selain berbagi sikat gigi, meninggalkan sikat gigi berdampingan dengan milik orang lain atau disimpan di kamar mandi pada tempat yang basah dan tergenang air, pada dasarnya Anda tengah memohon bakteri untuk berkoloni di bulu sikat gigi Anda.

Jika Anda pikir hal ini dramatis, coba pertimbangkan ini, satu studi menemukan bahwa sekitar 60 persen sikat gigi yang disimpan di kamar mandi bersama mengandung kotoran di bulu dan 80 persen kotorannya bukan milik si empunya sikat gigi.

Kabar baiknya adalah, sangat mudah untuk mulai merawat sikat gigi dengan lebih baik. Yang harus Anda lakukan adalah lebih sadar bagaimana dan di mana Anda menyimpannya. Pastikan di tempat yang kering, jauh, jauh dari toilet dan seberapa sering menggantinya. Idealnya, Anda harus mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

(Suara.com/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR