KPU Kota Pontianak Luncurkan Tahapan Pilwako 2018

KPU Kota Pontianak Luncurkan Tahapan Pilwako 2018

BERBAGI
Foto : Suasana peluncuran tahapan program dan jadwal Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak tahun 2018/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Pontianak melakukan peluncuran tahapan program dan jadwal Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak yang akan dilangsungkan pada Rabu (27/6) tahun 2018 mendatang bersamaan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

Peluncuran ini bertempat di gedung Pontianak Convention Center (PCC) pada Selasa (31/10) dengan dihadiri oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Perwakilan DPRD Kota Pontianak, KPU Provinsi Kalimantam Barat, Komisioner KPU RI asal Kalbar, Viryan Aziz serta seluruh Kepala Dinas yang ada di Kota Pontianak dan perwakilan dari masing-masing partai politik.

Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi, mengatakan, terhitung mulai hari ini tahapan tersebut resmi diluncurkan meskipun sejatinya kegiatan KPU dalam menghadapi Pilwako 2018 mendatang sudah dimulai sejak bulan Juli lalu.

Dengan dilakukannya peluncuran ini, KPU Kota Pontianak juga akan membentuk badan adhock Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan akan diumumkan pada hari ini juga.

“Kita minta komentar dari masyarakat juga terhadap mereka yang dinyatakan lolos tapi mempunyai integritas yang buruk bisa disampaikan agar menjadi pertimbangan kami dalam penetapan finalnya,” kata Sujadi.

Selanjutnya jadwal tahapan dari KPU Kota Pontianak akan memulai penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan dengan menyerahkan minimal 35.423 dukungan yang dijadwalkan pada tanggal 24 sampai 29 November 2017. Kemudian dilanjutkan dengan pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, masa tenang dan hari H pencoblosan.

“Kami berharap dengan peluncuran ini yang didukung oleh seluruh komponen masyarakat, kami berharap Pilwako dan pilgub bisa berjalan aman, lancar dan damai, serta melahirkan pemimpin yang ideal,” ujarnya.

Sementara itu, Viryan Aziz memuji jika pelaksanaan launching tahapan program dan jadwal Pilkada di Kota Pontianak ini termasuk kedalam salah satu daerah yang paling meriah yang pernah ia kunjungi. Selain antusias peserta yang tinggi, Viryan juga menyebut jika anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pontianak dan DPRD bagi pelaksanaan Pilwako nanti cukup realistis.

“Kami berterimakasih kepada Pemda dan DPRD yang telah mendukung anggaran dan tadi juga disampaikan Pak Wali Kota akan memberikan dukungan fasilitas lainnya yang dibutuhkan,” ungkap Viryan.

Dirinya berharap kerjasama yang baik antara KPU, Pemerintah Kota dan DPRD Kota Pontianak ini bisa menjadi modal awal agar pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Pontianak pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang pemungutan suaranya dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang dapat berjalan dengan baik.

(Imam/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR