Hari Pertama Operasi Zebra 2017, Polresta Pontianak Jaring 72 Pengendara

Hari Pertama Operasi Zebra 2017, Polresta Pontianak Jaring 72 Pengendara

BERBAGI
Foto: Operasi zebra 2017 yang dilakukan Satlantas Polresta Pontianak/Imam

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Jajaran Satuan Lalu Lintas Kepolisian yang ada di seluruh Indonesia mengelar Operasi Zebra 2017 yang mulai digelar pada hari ini, Rabu (1/11) hingga tanggal 14 November mendatang.

Dihari pertama Operasi Zebra, Polresta Pontianak berhasil menjaring 72 orang pengendara yang melakukan pelanggaran, maupun tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan. Saat ini tengah dilangsungkan giat operasi zebra lanjutan hari pertama di halaman Polresta Pontianak.

Kasatlantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiyah mengatakan operasi ini diadakan dalam rangka cipta kondisi menjelang pelaksanaan hari raya Natal dan pergantian tahun baru. Selain itu, operasi ini juga digelar untuk menekan angka kecelakaan yang korbannya bersifat fatalitas seperti luka berat, atau bahkan sampai meninggal dunia.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat menjadi lebih tertib dengan melengkapi surat menyuratnya, serta kelengkapan kendaraannya, dan mematuhi peraturan lalu lintas di jalan raya,” katanya.

Menurutnya, kecelakaan itu bisa terjadi berawal dari adanya pelanggaran terlebih dahulu. Adapun dua fokus utama yang menjadi target operasi kali ini ialah para pengendara yang tidak mengenakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia, maupun yang kedapatan melawan arus.

Dirinya mengingatkan kepada para orang tua yang masih memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih berada di bawah umur untuk tidak lagi melakukan tersebut. Melalui operasi ini juga diharapkan dapat memberikan efek jera pada para pelajar yang masih dibawah umur tersebut untuk tidak leluasa membawa kendaraan bermotor tanpa kelengkapan yang diharuskan, sehingga bisa menekan angka kecelakaan dan pelanggaran, khususnya di Kota Pontianak.

“Karena kita di Kota Pontianak ini kita tunjukkanlah bahwa kita memang masyarakat yang berbudaya, tentunya dengan menunjukkan bahwa kita disiplin dalam berlalu lintas,” tukasnya.

(Imam/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR