Komunitas ‘Pipet Kite’ Laksanakan Official Launching

Komunitas ‘Pipet Kite’ Laksanakan Official Launching

BERBAGI
Foto: Suasana Launching Komunitas Pipet Kite di Universitas Tanjungpura/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Komunitas ‘Pipet Kite’ melaksanakan official launching yang berlangsung di British Culture and Learning Centre (BCLC) Universitas Tanjungpura Pontianak, pada Senin (30/10). Kegiatan itu dihadiri oleh komunitas-komunitas Lingkungan Hidup yang ada di Pontianak seperti Green Amplifier, Hilo Green Community, Earth Hour, pelajar dan mahasiswa serta Duta Lingkungan Hidup Kota Pontianak Tahun 2017.

Penggagas dan Ketua Komunitas Pipet Kite, Choiriah Triliani mengatakan, Pipet Kite adalah satu di antara komunitas kontributif pemuda Pontianak yang kegiatannya tidak hanya berfokus pada pemeliharaan lingkungan saya, tetapi juga membantu meningkatkan soft skill, dan ekonomi kreatif melalui pemberdayan ibu-ibu di desa Rasau Jaya.

“Tujuan dari diadakannya launching ini adalah untuk memperkenalkan produk yang digagas oleh Komunitas Pipet Kite, yakni berupa sedotan yang terbuat dari bambu dan dapat dipakai berulang-ulang (Reusable Straw),” katanya, Rabu (1/11).

Sedotan ini diproduksi oleh ibu-ibu dari desa Rasau Jaya melalui pemberian edukasi, dan pelatihan workshop pemberdayaan masyarakat oleh Pipet Kite, dengan harapan dapat meningkatkan keahlian dan perekonomian mereka. Hal ini tentu akan meningkatkan pula kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, terutama sampah sedotan plastik.

“Alasan dipilihnya bambu sebagai bahan dasar pembuatan sedotan, yang pertama, bambu itu organik, jadi kalaupun sudah tidak dipakai atau dibuang, sedotannya bisa terdegradasi di tanah dan tidak mencemarkan lingkungan,’’ pungkasnya.

(R/Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR