DSPKB Kirim Penyandang Cacat Ringan ke Solo

DSPKB Kirim Penyandang Cacat Ringan ke Solo

BERBAGI
Foto: Mat Juani menunjukan foto Petrus, penyandang cacat pringan yang ikut Pelatihan di Solo untuk bidang photography/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DSPKB) Kabupaten Kapuas Hulu memiliki program khusus bagi penyandang cacat ringan yang masuk usia produktif, antara 17 hingga 35 tahun. Para penyandang cacat yang terpilih dalam program itu diberikan pelatihan khusus agar kedepannya dapat menekuni usaha secara mandiri.

Kasi Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial pada DSPKB Kapuas Hulu, Mat Juani, menuturkan, tahun ini ada dua orang penyandang cacat ringan yang selesai ikut pelatihan tersebut. Keduanya adalah Petrus dan Ahmad.

“Petrus adalah warga dari Rantu Kalis, kecamatan Kalis sedangkan Ahmad dari Sukaramai kecamatan Pengkadan,” ujarnya, Senin (6/11).

Keduanya penyadang cacat tersebut dilatih sesuai keahlian. Saudara Ahmad dilatih pada bidang IT atau komputer sementara saudara Petrus dilatih ke bidang fotographer.

“Mereka berdua ini dilatih di Solo selama setahun dan dibiayai dari APBD Kapuas Hulu. Mereka berangkat pelatihan pada November 2016 dan diperkirakan November ini sudah pulang ke Kapuas Hulu,” tutur Mat Juani.

Dijelaskannya, setiap tahun selalu ada dua orang penyandang cacat ringan di Kapuas Hulu yang diberangkatkan ke pelatihan serupa. Untuk menggantikan Petrus dan Ahmad yang selesai tahun 2017 ini, DSPKB telah menyediakan satu nama.

“Ini sudah disiapkan satu orang untuk menggantikan mereka (Ahmad dan Petrus) yang sudah selesai ini, tinggal satu orang lagi,” ujar Mat Juani.

Mereka yang sudah pulang mengikuti pelatihan tersebut, kata Mat Juani akan diberikan perlengkapan kerja. Misalkan untuk Ahmad akan diberikan alat-alat untuk komputer, sedangkan Petrus kemungkinan akan diberikan tustel atau kamera agar mereka bisa kerja secara mandiri maka dibantu peralatan juga nantinya.

“Setiap tahun akan dipantau oleh kami,” tuntas Mat Juani.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR