KKN Tematik Mahasiswa Untan Sasar Penataan Daerah Kumuh

KKN Tematik Mahasiswa Untan Sasar Penataan Daerah Kumuh

BERBAGI
Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Universitas Tanjungpura melakukan pembekalan terhadap 70 mahasiswanya yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di beberapa titik daerah kumuh yang ada di Kota Pontianak bertempat di gedung Lembaga Penelitian Untan pada Kamis (9/11).
Program KKN ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara Untan dengan Pemerintah Kota Pontianak. Selain dibuka oleh Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA, kegiatan pembekalan ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.
Edi mengatakan kolaborasi ini harus terus berkelanjutan. Ia berharap mahasiswa bisa berbagi pengalaman serta menerapkan ilmu yang di dapatnya di bangku kuliah langsung ke lapangan.
“Ini bisa menjadi bekal bagi mahasiswa untuk terjun di masyarakat setelah lulus kuliah. Dan tentu bagi pemerintah kota Pontianak ini bisa mempercepat pembangunan kawasan-kawasan kumuh dan pemberdayaan masyarakat,” kata Edi.
Kolaborasi ini juga diharapkan dapat mencapai suatu gerakan bernilai positif yang mendukung kemajuan di Kota Pontianak. Apa lagi, daerah yang termasuk kawasan kumuh di Kota Pontianak hanya tersisa 6 persen dan tersebar merata di enam kecamatan.
“Jadi ini yang akan di sasar oleh mahasiwa KKN Tematik Untan. Mereka kan berbagai macam bidang ilmu, tentu itu akan pas dari segi teknis, sosial, kesehatan, pemberdayaan dan banyak hal lagi yang bisa dilakukan,” jelasnya.
Sementara itu, Rektor Untan menyambut dengan sangat baik program kerjasama antara Untan dan Pemkot Pontianak ini. Keterlibatan para mahasiswa dalam penataan kawasan kumuh ini dalam kegiatan KKN dipandang Rektor akan menjadi latihan yang baik untuk mereka sebelum masuk ke dunia kerja yang sebenarnya.
Selain itu, kegiatan semacam ini juga bisa menciptakan ataupun merubah mindset role model masyarakat tentang generasi muda saat ini.
“Inilah generasi millenia yang kita butuhkan untuk menciptakan sinergitas untuk memajukan Kota Pontianak ini secara bersama-sama,” pungkas Rektor.
(Sukardi/Ikur)

TIDAK ADA KOMENTAR