Akibat Landasan Pesawat Tergenang Air, Terjadi Penundaan dan Pembatalan Penerbangan di Bandara...

Akibat Landasan Pesawat Tergenang Air, Terjadi Penundaan dan Pembatalan Penerbangan di Bandara Supadio

BERBAGI
Foto : Suasana di landasan Bandara Supadio/Sukardi

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Pihak PT Angkasa Pura II, Kantor Cabang Bandara Supadio Pontianak menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa transportasi udara, atas kendala di landasan yang terjadi pada hari ini, Minggu (12/11).

General Manager PT Angkasa Pura II, Kantor Cabang Bandara Supadio, Bayu Iswantoro, menuturkan, pada hari ini terjadi fenomena alam di luar prediksi pihaknya.

“Bahwa dari kemarin sampai hari ini kita mengalami curah hujan yang sangat tinggi, sehingga di sekitar Bandara Supadio juga terjadi tergenangnya air. Kronologisnya, pukul 05.30 WIB, pihak PT Angkasa Pura Bandara Supadio Pontianak melakukan inspeksi landasan sebelum beroperasi jam 06.00 WIB,” katanya.

“Kemudian pada pukul 05.35 WIB, ada informasi bahwa landasan di Bandara Supadio ada tergenang air, di posisi STA 1500 sampai 1750, jadi posisinya ada di tepi daripada landasan yang ketinggiannya, 1 cm sampai 1,5 cm,” lanjutnya.

Dirinya mengatakan, pihak Bandara Supadio belum pernah mengalami kondisi ini sebelumnya, kondisi runway sampai tergenang air.

“Kami dari pagi sampai siang, melakukan upaya normalisasi saluran di posisi saluran kunci, yakni saluran Gertak Kuning dan Saluran Parit Keramat, kemudian melakukan penyedotan air, untuk mengurangi debit air yang tergenang di posisi tepi landasan, kemudian melakukan penggalian untuk pembuatan tanggul, sehingga diharapkan tanggul dapat menahan air posisi air yang akan menggenangi landasan,” katanya.

Akibat dari upaya normalisasi tersebut, beberapa jadwal keberangkatan maskapai penerbangan hari ini delay bahkan ada pula yang batal, diantaranya, Lion 9 delay, NAM 3 cancel, Sriwijaya 1 delay dan Garuda 5 batal.

“Kondisi landasan Bandara Supadio terkini, kondisi air sudah mulai menyusut. Mudah-mudahan bisa kita buka, posisi runway bisa beroperasi sore ini, sekitar pukul 15.00 WIB atau 16.00 WIB untuk kita operasikan bandara secara baik,” ungkapnya.

Pihak PT Angkasa Pura II juga berupaya kepada pengguna jasa bandara, yaitu memberikan makanan sebagai konsekuensi dari kejadian tersebut.

(Sukardi/Muh)

Foto : Suasana di Bandara Supadio/Sukardi

TIDAK ADA KOMENTAR