BMKG : Fenomana Eddy yang Membuat Hujan Deras di sekitar Bandara Supadio

BMKG : Fenomana Eddy yang Membuat Hujan Deras di sekitar Bandara Supadio

BERBAGI
Foto : Dasmian Sulviani, Prakirawan BMKG Pontianak/Sukardi

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak, menyebutkan, fenomena yang terjadi di sekitar area Bandara Supadio ialah fenomena Eddy.

Menurut Prakirawan, Dasmian Sulviani, fenomena Eddy adalah sirkulasi angin tertutup, yang menyebabkan angin berputar di satu titik, sehingga massa udara menumpuk di satu tempat itu, sehingga berpotensi menyebabkan terbentuknya awan konventif.

“Awan konventif itu adalah awan aktif, yaitu awan Kumulo Nimbus yang menyebabkan hujan lebat kemarin, disertai angin kencang,” ucapnya, Minggu (12/11) sore.

Menurutnya, secara normal, bulan November dan Desember mulai memasuki musim hujan, potensi curah hujan lebatnya akan banyak. Curah hujan sedang juga lebih banyak dari bulan lainnya.

Selain itu, untuk hari ini, berdasarkan data BMKG, hingga pukul 16.20 WIB, masih terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai guntur dan angin kencang, di sebagian wilayah Bengkayang, Landak, Sanggau, Kubu Raya, Kayong Utara dan Ketapang, diperkirakan akan meluas ke sebagian wilayah Sintang, Kapuas Hulu dan Kota Pontianak.

(Sukardi/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR