KPU Kalbar Gelar Rakor Tahapan Pilgub 2018

KPU Kalbar Gelar Rakor Tahapan Pilgub 2018

BERBAGI
Foto: Suasana Rakor KPU Kalbar Terkait Tahapan Pilgub 2018/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, menggelar rapat koordinasi penyelenggaraan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat tahun 2018, pada Selasa (14/11).

Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawaty mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari yang dilakukan KPU Provinsi untuk persiapan pelaksanaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalbar.

“Ini bagian dari koordinasi bersama instansi terkait yang nantinya mempunyai kewenangan dalam pelaksanaan tahapan pencalonan, misalnya pada hari ini kami mengundang IDI, BNN, Himpsi, Pengadilan, dan Kepolisian,” katanya.

Dikatakannya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini terkait nanti tentang persyaratan kesehatan, kemudian pengadilan terkait surat keterangan bagi bakal pasangan calon tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, kemudian Badan Narkotika Nasional (BNN), yang telah ditetapkan untuk memeriksa terkait penggunaan narkotika dari bakal pasangan calon dan sudah disepakati yang akan digunakan untuk pemeriksaan ialah tes urin.

“Selain itu Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) untuk memeriksa Psikologi para bakal calon. Termasuk dari Kepolisian, untuk calon gubernur dan wakil gubernur, SKCK dikeluarkan oleh Polda, kemudian untuk calon bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil walikota, SKCK dikeluarkan oleh Polres,” ucapnya.

Pada kegiatan ini, juga diselipkan acara syukuran pindahan kantor KPU Provinsi Kalbar, yang sebelumnya berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.112 Pontianak, sekarang kantor KPU Kalbar berada di gedung eks Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Jalan Subarkah No.1 Pontianak.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR