Mahasiswa FMIPA Untan Toreh Prestasi LKTI Tingkat Nasional

Mahasiswa FMIPA Untan Toreh Prestasi LKTI Tingkat Nasional

BERBAGI
Foto: LKTI Seminar Keprofesian Matematika di Universitas Padjadjaran di Jatinangor/Istimewa

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (UNTAN) berhasil menorehkan prestasi sebanyak tiga juara pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) di tingkat nasional.

Mahasiswa FMIPA Untan yang mengikuti LKTI di tiga tempat yakni, LKTI Green Chemistry di Universitas Padjadjaran di Bandung, 21 sampai 23 September 2017, LKTI Seminar Keprofesian Matematika di Universitas Padjadjaran di Jatinangor, 3 sampai 4 November 2017, serta LKTI Education Fair 2017 di Universitas Sebelas Maret di Surakarta, 9 sampai 13 November 2017.

Perwakilan Tim LKTI FMIPA Untan, Wahyu Febri Ramadhy mengatakan, LKTI Green Chemistry di UNPAD persiapannya terbilang unik, karena tim dari FMIPA Untan berbeda angkatan dan punya kesibukan masing-masing, serta tidak pernah kumpul bertiga.

“Jadi pertemuannya dilakukan via online. Persiapan yang dilakukan ialah analisis masalah dan pencarian ide. Lalu eksekusi di tulisan. Total waktu yang dibutuhkan sekitar seminggu,” katanya, Rabu (15/11).

Pada LKTI Green Chemistry UNPAD, Tim FMIPA UNTAN dibina oleh Intan Syahbanu, S.Si, M.Si, dengan timnya Rizky, mahasiswa Jurusan Kimia angkatan 2016, Wahyu Febri Ramadhy, Mahasiswa Jurusan Kimia angkatan 2013 dan Eka Pebri Malinda, mahasiswi Jurusan Kimia angkatan 2015.

Kemudian, LKTI Seminar Keprofesian Matematika (Semprof) 2017 yang berlangsung di UNPAD, Wahyu menuturkan, dilakukan dengan persiapan yang lebih memacu adrenalin.

“Kami mengumpulkan abstrak tepat H-beberapa jam sebelum penutupan. Setelah lolos seleksi abstrak, kami mencoba fokus untuk pengerjaan full paper. Waktu yang dibutuhkan sekitar tiga minggu sebelum pengumpulan full paper,” ucapnya.

Tahapan yang dlakukan pastinya pencarian litelatur, diskusi bersama dosen untuk mendapatkan karya yang layak dilombakan, LKTI Seminar Keprofesian Matematika di UNPAD, tidak ada pembimbing. Akan tetapi, kami ada berdiskusi paper dengan Bang Hendri Purwanto selaku dosen matematika dan mawapres FMIPA UNTAN 2013.

Tim FMIPA Untan untuk LKTI (Semprof) 2017 di UNPAD yakni, Wahyu Febri Ramadhy, Kimia angkatan 2013, Dede Rahmad Juniardi, Kimia angkatan 2016 dan Bartholomeus Lavelim, Kimia angkatan 2016.

Selain itu, LKTI Education Fair 2017 yang berlangsung di UNS, menurut Wahyu, idenya sudah didiskusikan dua minggu sebelum pengumpulan. Akan tetapi, pengumpulan full paper tetap hari H, karena dirinya berangkat mengikuti suatu kegiatan ekspedisi, sehingga tidak bisa berdiskusi bahkan melalui online.

“Tahapan pengerjaan juga sama, penelaahan litelatur, diskusi, lalu pengambilan bahan baku untuk ide, serta percobaan sederhana untuk membuat ide tersebut. Dua langkah terakhir dilakukan setelah pengumuman kami lolos untuk tahap presentasi di Solo,”katanya.

LKTI Education Fair di UNS, Tim FMIPA UNTAN dibimbing oleh Dr. Winda Rahmalia, dengan timnya, Ilham Ramadani, Kimia angkatan 2017, Wahyu Febri Ramadhy, Kimia angkatan 2013, dan Rila Veliasari, Kimia angkatan 2017.

Wahyu yang merupakan pengurus UKM Penalaran dan Keilmiahan di FMIPA, yakni MIPA Science Institute (MSI) berharap prestasi yang diraih ia bersama tim bisa menjadi semangat menulis KTI mahasiswa FMIPA.

“Harapannya kami bisa menjadi bagian untuk membuat atmosfer menulis KTI di Fakultas MIPA menjadi lebih kuat. Rencana kedepannya, untuk terus berkarya dan mengharumkan nama almamater,” pungkasnya.

Foto: LKTI Education Fair 2017 di Universitas Sebelas Maret di Surakarta/Istimewa

 

Foto: LKTI Green Chemistry di Universitas Padjadjaran di Bandung/Istimewa

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR