Operasi Zebra Kapuas 2017, Polres Kapuas Hulu Tilang 572 Pelanggar

Operasi Zebra Kapuas 2017, Polres Kapuas Hulu Tilang 572 Pelanggar

BERBAGI
Foto: Kegiatan razia hari terakhir Operasi Zebra di sekitaran Masjid Agung Putussibau, Rabu (15/11)/Yohanes

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Polres Kapuas Hulu telah selesai melakukan operasi zebra 2017. Dari operasi yang digelar dari tanggal 1-14 November ini ada 572 pelanggar lalu lintas yang ditilang Satlantas Polres Kapuas Hulu.

Kapolres Kapuas Hulu melalui Kasat Lantas, Iptu Kamto mengatakan, pengendara yang ditilang kali ini lebih banyak dari tahun 2016 lalu. Dari data yang ada, tahun 2016 ada 550 pengendara yang ditilang, sementara tahun ini ada 572 pengendara.

“Peningkatan pelanggaran sebanyak 22 perkara atau sekitar empat persen dari operasi zebra Kapuas 2016,” katanya, Rabu (15/11).

Kamto mengatakan, selain tilang, pihaknya juga mengeluarkan 200 teguran kepada pengendara yang melanggar atruan lalu lintas. Secara keseluruhan pengendara roda dua lebih dominan dalam pelanggaran lalu lintas karena dari segi jumlah lebih banyak daripada roda empat maupun roda enam. Dari 572 pengendara yang ditilang, ada 550 pengendara kendaraan roda dua (sepeda motor) yang ditilang

“Pengendara roda dua dan roda empat atau lebih rata-rata melanggar aturan kelengkapan kendaraan dan surat-surat. Untuk profesi pelanggar kebanyakan dilakukan oleh karyawan swasta, kemudian disusul pelajar atau mahasiswa,” jelasnya.

Dalam operasi zebra kali ini, katanya berlangsung aman dan tidak terjadi kasus kecelakaan lalu lintas. Dari hasil operasi zebra Kapuas 2017 ini, pihaknya menyita STNK sebanyak 336 lembar dan menyita SIM 335 lembar serta satu unit kendaraan karena pengendara tidak bisa menunjukkan bukti dokumen berupa surat tanda nomor kendaraan.

“Semoga melalui kegiatan Operasi Kepolisian Zebra Kapuas 2017 ini wilayah hukum Polres Kapuas Hulu tetap kondusif, dan masyarakat bisa melakukan introspeksi dan mengendalikan diri serta bersabar dalam mengemudikan kendaraan,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR