Nama Setnov Tertera di Wikipedia sebagai ‘Ahli Melarikan Diri’

Nama Setnov Tertera di Wikipedia sebagai ‘Ahli Melarikan Diri’

BERBAGI
Foto: Keterangan pers terkait hilangnya Ketua DPR Setya Novanto pada saat penangkapan, di Jakarta, Kamis (16/11).

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Ketua DPR Setya Novanto yang tak muncul ke publik setelah hendak dibawa paksa oleh KPK, Rabu (15/11) malam, menggemparkan banyak orang di Indonesia.

Banyak pihak yang meminta tersangka kasus dugaan korupsi dana KTP elektronik itu segera keluar dari persembunyian, dan menyerahkan diri ke KPK.

Warganet di media-media sosial juga tak mau ketinggalan, mengomentari keputusan Setnov yang tidak mau mudah menyerah kepada KPK. Meme yang menyindir hilangnya Setnov viral di media-media sosial.

Tak hanya itu, warganet juga ternyata menyindir raibnya Setnov dengan cara mengedit isi penjelasan “Escapology” yang termaktub dalam laman ensiklopedia terbuka Wikipedia versi inggris.

Pantauan Suara.com, Kamis (16/11), laman “Escapology” di Wikipedia edisi berbahasa Inggris memuat daftar orang yang dianggap memunyai keahlian seni sulap melepaskan diri dari jebakan atau rintangan.

Secara historis, artis yang juga didaulat sebagai escapologist terhebat di dunia adalah pesulap Harry Houdini.

Namun, pada posisi kedua escapologist sedunia di laman itu telah ditambahkan nama Setya Novanto.

Nama Setnov Tertera di Wikipedia sebagai 'Ahli Melarikan Diri' - 1

Penambahan nama Setnov dalam daftar itu dimungkinkan, karena Wikipedia mengizinkan warganet mengedit atau melengkapi isi ensiklopedianya.

Penelusuran Suara.com, daftar itu kali terakhir diedit oleh warganet anonim beralamat protokol (IP adress) 58.96.206.203, yakni Kamis pagi pukul 8.32.

Sebelumnya diberitakan, Juru Bicara KPK Febri Diansyah secara resmi meminta Setnov menyerahkan diri.

“Secara persuasif kami himbau SN (Setya Novanto) dapat menyerahkan diri,” kata Febri.

Tak hanya Febri, sejumlah pihak lainnya juga meminta Setnov keluar dari persembunyian dan menyerahkan diri. Bahkan, sohib separtai Setnov, Aburizal Bakrie juga memintanya menyerahkan diri.

“Ikuti hukum saja. Ya paling bagus kan begitu (menyerahkan diri),” ujar Aburizal seusai diperiksa KPK sebagai saksi tersangka Setnov.

Geger Setnov gaib juga melanda kaum aktivis antikorupsi. Bahkan, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) sampai-sampai membuat sayembara berhadiah untuk menemukan Setnov.

“Barang siapa dapat memberikan informasi valid keberadaan Setya Novanto kepada KPK atau Kepolisian atau aparat penegak hukum lainnya sehingga KPK dapat melakukan penangkapan atas Setya Novanto maka Saya akan memberikan hadiah kepadanya uang sejumlah Rp10 juta,” kata aktivis MAKI, Boyamin Saiman.

Update: selang 30 menit setelah berita ini diunggah di Suara.com, Kamis (16/11) pukul 18.23 WIB, laman “Escapology” di Wikipedia telah kembali didedit oleh warganet bernama Robynthehode. Nama Setnov tak lagi terera pada posisi kedua setelah Houdini dalam daftar “ahli melarikan diri” dunia. Sila cek https://en.wikipedia.org/wiki/Escapology#List_of_escape_artists.

(Suara.com/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR