Kayong Utara Raih Penghargaan Peserta Tertinggi BPJS Kesehatan Se-Kalbar

Kayong Utara Raih Penghargaan Peserta Tertinggi BPJS Kesehatan Se-Kalbar

BERBAGI
Foto: Idrus, Wakil Bupati Kayong Utara (Baju Putih-Tengah) saat menerima penghargaan sebagai Kabupaten dengan jumlah peserta BPJS Kesehatan tertinggi Se-Kalbar/Sukardi
Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Diantara rangkaian acara pertemuan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Barat,
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memberikan piagam penghargaan kepada Kabupaten dan Kota Se-Kalimantan Barat.
Di antara Kabupaten dan Kota yang ada di Kalbar, Kabupaten Kayong Utara (KKU) meraih penghargaan sebagai Kabupaten dengan jumlah peserta BPJS tertinggi,yakni sebanyak 82 persen dari jumlah penduduk KKU menjadi peserta BPJS Kesehatan yang dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
Wakil Bupati KKU, Idrus, mengucapkan terimakasih kepada BPJS atas kerjasama yang berlangsung dengan baik. Kemudian, terkait pelaksanaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Kayong Utara, Idrus menuturkan tidaklah sulit, karena sebelumnya, Pemda KKU sudah melaksanakan program serupa ditingkat di daerah yakni, Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).
“Mengenai BPJS di Kayong Utara, tidaklah susah, karena pada tahun 2008, Kayong Utara sudah melaksanakan Jamkesda, semua masyarakat Kayong Utara merasakan pelayanan kesehatan secara gratis. Begitu pindah dari program Jamkesda ke program pemerintah pusat yakni BPJS, kami tinggal memindahkan data,” tuturnya, Rabu (29/11).
Dirinya mengatakan, terkait kerjasama, koordinasi antara BPJS dan Pemda rutin dilaksanakan. Termasuk instansi yang bertugas memberikan data penduduk tidak mampu di Kayong Utara.
Menurutnya, sampai saat ini belum ada keluhan masyarakat terkait pelayanan BPJS Kesehatan.
“Harapan kedepannya, Kabupaten Kayong Utara mencapai target, semoga sampai akhir Desember  2017, 99 persen masyarakat Kayong Utara sudah memiliki BPJS Kesehatan,” pungkasnya.
(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR