Pemuda Asal Ketapang Wakili Kalbar di Jambore Pemuda Indonesia

Pemuda Asal Ketapang Wakili Kalbar di Jambore Pemuda Indonesia

BERBAGI
Foto: Juhardiansyah/Istimewa

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Juhardiansyah pemuda asal Kabupaten Ketapang menjadi salah satu dari 14 delegasi Jambore Pemuda Indonesia di Kota Suwahlunto Provinsi Sumatera Barat mewakili Provinsi Kalimantan Barat

Jambore Pemuda Indonesia (JPI) merupakan program strategis Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, sekaligus sebagai pertemuan akbar para pemuda seluruh Indonesia yang dilakukan sekali dalam setahun sebagai ajang menghimpun, bertukar pikiran, serta gagasan tentang kepemudaan terkait permasalahan-permasalahan aktual guna menatap persaingan global.

Juhardinasyah mengatakan dirinya terpilih sebagai salah satu delegasi setelah melalui beberapa tahap seleksi yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Ketapang bersama Provinsi Kalimantan Barat.

“Kelulusan seleksi ditentukan peserta dapat menyiapkan dan memenuhi syarat antara lain memiliki wawasan dibidang politik, pertahanan dan keamanan lingkungan, bahaya destruktif, sosial budaya dan hukum, memiliki pemahaman keterampilan kesenian budaya lokal, dapat mempromosikan atau meragakan produk hasil karya pemuda, dapat berkomunikasi bahasa inggris memiliki kreativitas dan inovasi karya, memiliki wawasan IPTEK serta memiliki wawasan kebangsaan NKRI,” jelasnya Duta Pemuda Kalimantan Barat 2017 ini.

Menurutnya, Jambore Pemuda Indonesia dilaksanakan selama tujuh hari mulai dari tanggal 15 sampai 21 November 2017 di kota Sawahlunto Provinsi Sumatra Barat.

Jambore ini, katanya merupakan suatu bentuk kegiatan yang dirancang bagi pemuda dan pemudi se-Nusantara untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, pemahaman kenanekaragaman seni budaya, menepuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa, serta meningkatkan keterampilan dan melatih kreativitas menuju Indonesia negara maju 2025.

Dirinya sangat bersyukur dan berterimakasih atas kesempatan yang telah diperolehnya untuk menjadi delegasi pemuda di kegiatan jambore tersebut.

“Peluang ini tak mudah diperoleh. Kami sangat berterimakasih atas kesempatan ini, kami 14 orang menjadi delegasi mewakili Kalimantan Barat,” pungkas Ketua Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (Semmi) Kabupaten Ketapang tersebut.

Ia menuturkan adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mentransformasikan nilai-nilai budaya bangsa untuk berkontribusi terhadap berkembangnya wawasan, dan kreativitas pemuda dari daerah ke daerah tujuan, membangun jaringan, kerjasama, meningkatkan rasa cinta tanah air, dan membangun keterampilan produktif.

“Jenis kegiatan yang kita lakukan meliputi kegiatan pokok dan perlombaan seperti upaca pembukaan dan penutupan JPI 2017, kirab pemuda, welcome party, pentas seni pemuda, tari tapuak galembong, seminar nasional 1000 pemuda, penyambutan TDS dan jelajah kota tua, dharma wisata Sumatra Barat, penanaman pohon, lomba senam poco-poco, lomba hasta karya,lomba baca puisi dan lomba olahraga tradisional,” ungkap mahasiswa Fakultas Kehutanan Untan ini

Ia berharap kepada seluruh kawan-kawan pemuda yang telah menjadi delegasi JPI tersebut untuk bisa mengembangkan dan mentransformasikan ilmu-ilmu yang didapatkan di sana untuk kemajuan daerah masing-masing, dan sebagai pelopor pembangunan daerah, seperti peningkatan kreatifitas masyarakat untuk menunjang perekonomian, pelestarian budaya daerah, agar sikap nasionalisme dan patriotisme kita terus mengalir untuk memajukan bangsa ini.

(R/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR